Voucher Hingga Dasi Hermes Dilelang: Kemenkeu Lelang Barang Sitaan KPK

Pemerintah akan kembali melelang barang milik negara (BMN) dari gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi.

Voucher Hingga Dasi Hermes Dilelang: Kemenkeu Lelang Barang Sitaan KPK
Youtube
Puluhan Barang Rampasan Koruptor Dilelang KPK 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah akan kembali melelang barang milik negara (BMN) dari gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebanyak 52 barang.

Barang-barang yang dilelang antara lain logam mulia seberat 20 gram, keris, guci keramik Cina, parcel, hingga Arabian Qud Parfume.

Kementerian Keuangan menyampaikan proses lelang barang gratifikasi akan diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)Jakarta III pada Kamis(15/11).

Peserta dapat memiliki barang lelang dengan penawaran melalui internet secara tertutup (close bidding) dan secara terbuka (open bidding) yang dilakukan melalui handphone serta dilakukan pula lelang dengan penawaran lisan.

"Objek lelang berupa barang gratifikasi digunakan sebagai implementasi lelang dengan fitur baru, karena objek lelang ini telah memiliki pasar sendiri," ujar Direktur Lelang, Lukman Effendi, di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).

Peminat lelang akan juga diberikan kesempatan untuk melihat dan meneliti secara fisik barang yang akan dilelang di Gedung Dhanapala Kemenkeu, hingga pukul 15.00 WIB. Nantinya, penerimaan dari hasil penjualan barang akan disetorkan ke kas negara dan menjadi salah satu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Lukman menjelaskan calon pembeli yang mau mengikuti lelang lewat internet bisa dengan mengakses lelang.go.id. Calon pembeli bisa mendaftar dan mengaktifkan akun terlebih dahulu sebelum mengikuti lelang.

Adapun barang gratifikasi yang akan dilelang besok merupakan barang-barang yang dilaporkan penyelenggara negara ke KPK. Jenis barangnya pun beragam. Kebanyakan adalah kain batik dengan rentang harga limit mulai Rp 63.000 hingga Rp 2.242.000.

Harga limit merupakan harga minimal lelang. Calon pembeli bisa menawar di atas harga tersebut. Selain itu, ada juga parfum Bottega Veneta dengan harga limit Rp 788.000 dan parfum Gahru dengan harga limit Rp 174.000. Ada pula topi berwarna hijau lumut bertuliskan Washington DC di bagian depan dan belakang topi dengan harga limit Rp 160.000.

Bahkan, ada barang gratifikasi yang dilelang berupa tiga voucher belanja Hypermart masing-masing senilai Rp 100.000 yang dibanderol sepaket Rp 194.000.Ada juga uang elektronik dengan saldo Rp 500.000 yang dilelang dengan harga limit Rp 502.000.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved