Takaliuang Khawatirkan Anak Rentan Terkena HIV/AIDS Dari Orang Tua di Sangihe

Banyaknya penderita HIV/AIDS di Kepuluan Sangihe menjadi perhatian khusus Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sulut

Takaliuang Khawatirkan Anak Rentan Terkena HIV/AIDS Dari Orang Tua di Sangihe
tribun manado
Ketua LPA Sulut Jull Takaliuang 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

MANADO,TRIBUNMANADO.CO.ID - Banyaknya penderita HIV/AIDS di Kepuluan Sangihe menjadi perhatian khusus Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sulut.

Jull Takaliuang ketua LPA yang konsern terhadp penanganan anak mengatakan, bahwa upaya yang mereka lakukan untuk mendampingi anak khususnya yang terkenai HIV/AIDS dilakukan untuk meringankan beban penderita.

"Di sana kita melihat jumlah penderita HIV/AIDS banyak, dan pemahaman saya, di daerah yang penduduknya tak terlalu banyak, dan tersebar di daerah terpencil, ini merupkan tragedi kesehatan," ujar dia.

Sehingga perlu mendapat penanganan secara serius."Mungkin pemerintah sudah melakukan sosialisasi atau yang ialin, tetapi saya melihat, di beberapa kampung ada orang yang punya indikasi miliki penyakit seperti ini sampai meninggal, dan bagaimana perlakuan masyarakat terhadap mereka," jelas dia.

Contohnya menurut dia, ada perempuan yang menderita penyakit tersebut, padahal mereka tidak bersalah yang tertular dari suaminya.

"Mereka diperlakukan diskriminasi dan diisolasi, tidak ada yang mau bergaul, tidak ada yang mau datang beribadah dengan mereka, jual kue tidak ada yang mau beli, tidak ada yang mau mendekat," jelasnya.

Sehingga menurutnya ini merupakan hal serius yang harus dicarikan solusinya, semisal sosialisasi, bagaimana menolong perempun yang berpotensi akan melahirkan, atau penularan seorang laki-laki positif yang mencoba berhubungan seks.

"Anak juga bisa menikah dan behubungan seks dengan orang lain, itu harus dibantu agar penyebaran HIV/AIDS bisa berhenti," jelasnya.
Ia mengatakan, apa yang harus dilakukan adalah memberikan perhtian serius.

"Sekarang sudah mulai menurun, tidak ada perhatian serius, mungkin tidak ada pendanaan, tapi sosialisasi harus jalan terus dilaksanakan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved