Pasangan yang Tak pernah Berselisih Belum Tentu Bahagia

Pertengkaran adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Konflik yang terjadi antar pasangan merupakan 'bumbu' yang terkadang memperkuat ikatan.

Pasangan yang Tak pernah Berselisih Belum Tentu Bahagia
dramabanget.com
Pasangan yang Tak pernah Berselisih Belum Tentu Bahagia 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pertengkaran adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Konflik yang terjadi antar pasangan merupakan 'bumbu' yang terkadang semakin memperkuat ikatan.

Lalu, apa yang terjadi jika pasangan tak pernah terlibat konflik? Apakah ini merupakan pertanda yang bagus dalam sebuah hubungan?

Baca: Potret Kehidupan Pria Berjuluk Manusia Gua yang Berhasil Pikat Bule-bule Cantik

Psikolog bernama Joshua Klapow mengatakan, beberapa pasangan mampu menjalin hubungan tanpa perdebatan karena mereka mampu mengomunikasikan keinginan, kebutuhan, preferensi dan pendapat mereka dengan cara yang dapat diterima satu sama lain.

Pasangan yang terlihat "adem ayem" bukan berarti sama sekali tak pernah berselisih. Hanya saja, kata Klapow, mereka mampu menyelesaikan perselisihan itu.

Atau setidaknya, mereka saling mendengar dan saling berusaha untuk memperbaiki konflik.

"Pasangan yang berkomunikasi secara jujur, otentik, dan fokus pada berbagai informasi serta saling belajar untuk mengalah, cenderung lebih sedikit berdebat," ucapnya.

Perbedaan pendapat tersebut tidak berlanjut menjadi sebuah perdebatan. Kuncinya, pasangan tersebut mampu mengelola konflik yang dihadapi agar tak berubah menjadi sebuah pertengkaran.

Di sisi lain, jika pasangan tidak pernah mengalami pertengkaran karena bertekad menghindari semua konflik, terlepas dari bagaimana hal tersebut mempengaruhi mereka, hal ini justru berakibat fatal untuk hubungan.

"Emosi yang terkait dengan perbedaan pendapat masih ada, bahkan dapat membuat hubungan semakin renggang," kata Klapow.

Pasangan yang Tak pernah Berselisih Belum Tentu Bahagia 1
Pasangan yang Tak pernah Berselisih Belum Tentu Bahagia 1 (dramabanget.com)

Selain itu, menghindar dari konflik juga menyebabkan miskomunikasi dan salah persepsi tentang kualitas hubungan. Mereka yang terus berusaha menghindari konflik, secara sadar atau tidak, dapat membenci pasangannya karena mengabaikan emosi mereka sendiri.

Halaman
12
Editor: Alex Bryan Tarore
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved