Edu Patrol, Diskominfo dan BNI Cek Dua Sekolah

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan BNI 46 melaksanakan survei di dua lokasi untuk pemasangan aplikasi Edu Patrol

Edu Patrol, Diskominfo dan BNI Cek Dua Sekolah
Ist/Diskominfo Kotamobagu
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan BNI 46 melaksanakan survei di dua lokasi untuk pemasangan aplikasi Edu Patrol 

Laporan Wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

KOTAMOBAGU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kamis (15/11/2018) pagi melaksanakan survei di dua lokasi untuk pemasangan aplikasi Edu Patrol.

Kepala Data Center Diskominfo Kotamobagu Rudy Yuanto Unu bersama perwakilan BNI 46, dan Dinas Pendidikan Kotamobagu meninjau dua sekolah.

Kepala Data Center Diskominfo Kotamobagu Rudy Yuanto Unu bersama perwakilan BNI 46, dan Dinas Pendidikan Kotamobagu meninjau dua sekolah
Kepala Data Center Diskominfo Kotamobagu Rudy Yuanto Unu bersama perwakilan BNI 46, dan Dinas Pendidikan Kotamobagu meninjau dua sekolah (Ist/Diskominfo Kotamobagu)

"Untuk Edu Patrol, Kami meninjau dua sekolah yakni SMP N 4 dan SDN 3 Kotamobagu," ujar Rudy kepada Tribun Manado.

Edu patrol adalah aplikasi yang menyediakan informasi bagi orang tua untuk memantau aktivitas murid, hasil ujian, pembayaran, jadwal belajar mengajar, dan guru yang mengajar di sekolah tempat anaknya belajar.

Edu patrol juga menjadi aplikasi yang akan digunakan wali kota, dinas pendidikan, dan kepala sekolah untuk mengecek aktivitas guru dan murid.

Pada pemantauan tersebut tim mengecek antara lain access gate (gerbang), access door (pintu kelas), jumlah siswa, jumlah guru dan staf, dan jumlah ruangan kelas. Nantinya akan diterapkan digital school.

pemasangan aplikasi Edu Patrol
pemasangan aplikasi Edu Patrol (Ist/Diskominfo Kotamobagu)

"Digital School ini nanti adalah menggunakan aplikasi Edu Patrol, Kartu pelajar juga sudah sebagai kartu pembayaran di kantin (cashless). Selain itu program ini juga, nanti kantin nya akan non tunai," ujar Rudy.

Selain survei ke sekolah, tim juga memantau dan mengecek ke data center untuk melihat kesiapan server nantinya akan memfasilitasi program edupatrol.

"Kegiatan survei ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan wali kota dan jajaran BNI pada dua hari sebelumnya. Ini sebagai Corporate Social Responsibility (CSR)," ujar dia. 

Rencananya pembiayaan program ini mulai diimplementasikan pada Januari 2019 dari CSR BNI 46 Kotamobagu. "Jadi tidak ada pembiayaan atau anggaran dari pemerintah," ujar dia. (dik).

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved