7 Fakta Menarik Frederick Banting, Penemu Insulin untuk Diabetes

14 November berdasarkan tanggal lahir seseorang yang telah menemukan insulin bagi tubuh yaitu, Frederick Banting

7 Fakta Menarik Frederick Banting, Penemu Insulin untuk Diabetes
YOUTUBE
7 Fakta Menarik Frederick Banting, Penemu Insulin untuk Diabetes 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setiap tahun jumlah pengidap penyakit diabetes terus bertambah. Banyak faktor yang menjadikan orang terkena penyakit ini, salah satunya adalah gaya hidup kurang sehat dan pola makan yang tak terkontrol, dan faktor keturunan.

Untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit ini, setiap 14 November diperingati sebagai World Diabetes Day. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai bahaya diabetes.

Dipilihnya 14 November berdasarkan tanggal lahir seseorang yang telah menemukan insulin bagi tubuh yaitu, Frederick Banting. Bersama temannya, Charlest Best dirinya menemukan teknologi insulin pada 1922.

Berikut fakta menarik mengenai Frederick Banting dan penemuannya:

1. Mengembangkan bersama teman

Sir Frederick Banting merupakan ilmuwan yang menemukan insulin sebagai pengobatan untuk diabetes pada era 1920-an. Namun, dia tak berperan sendirian.

Bersama dengan rekannya seorang ilmuwan Kanada Dr Charles Best, Banting menghabiskan bertahun-tahun eksperimen dengan cara mengekstrak insulin dari pankreas, yang sebelumnya dianggap sebagai tugas yang mustahil.

Kemudian, usaha yang dikembangkannya berhasil memukau dunia dan mendapatkan banyak pujian.

2. Obat efektif pertama

Saat itu belum ada obat yang berhasil menyembuhkan penyakit diabetes. Penemuan yang dilakukan oleh kedua orang ini mampu menjawab pertanyaan dari berbagai jawaban.

Halaman
123
Editor: Alex Bryan Tarore
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved