27 Penderita HIV/AIDS Sangihe Aktif Berobat

Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe mencatat ada 73 penderita HIV/AIDS, Untuk tahun 2018 yang aktif berobat ada 27 penderita

27 Penderita HIV/AIDS Sangihe Aktif Berobat
TRIBUN MANADO/GRAFIS: Yudiawan Nugraha
Grafis HIV/AIDS Bolmong 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe mencatat ada 73 penderita HIV/AIDS sejak 2014 hingga sekarang.

"Untuk tahun 2018 yang aktif berobat ada 27 penderita. Sementara yang sebagian besar sudah meninggal sejak 2014," jelas Kadis Kesehatan Sangihe, melalui Ronald Tanod Kasie pengendalian dan pencegahan penyakit menular, Kamis (15/11).

Ia menambahkan untuk Sangihe sejak 2014 ada 73 penderita, tetapi sebagian besar sudah meninggal, yang tersisa dan aktif berobat hingga Oktober 2018 ada 27 penderita.

"Untuk obat memang sementara ini hanya tersedia di RSUP Prof Kandou karena di Sangihe belum memiliki klinik VCT. Tetapi untuk penyaluran selama ini demi memudahkan akses maka penderita yang ada mengambil obatnya di Dinkes Sangihe. Karena utk obatnya di distribusi ke Dinkes sesuai jumlah penderita," jelas dia.

Menurutnya, untuk penderita yang ada di Sangihe sebagian besar memiliki riwayat pernah bekerja di daerah Papua.

"Iya di pertambangan, ada juga penderita wanita yang ikut tertular dari suaminya yang terlebih dahulu positif," jelas dia.

Ia mengatakan, kalau ada yang terjaring oleh Dinkes dilakukan konseling oleh petugas program kami semua, sementara berobat dan obatnya gratis. (Amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved