Zanzibar Incar Wisatawan dari indonesia karena faktor Ini

Kementerian Pariwisata Zanzibar mengincar turis asal Indonesia untuk datang berwisata ke Tanzania.

Zanzibar Incar Wisatawan dari indonesia karena faktor Ini
www.dailymail.co.uk
Sesuai namanya, The Rock Restaurant memang berada di atas batu karang setinggi tujuh meter di Zanzibar. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Pariwisata Zanzibar mengincar turis asal Indonesia untuk datang berwisata ke Tanzania. Masih sangat sedikit orang Indonesia yang datang ke Zanzibar, meskipun Zanzibar dan Indonesia disebutkan memiliki banyak kesamaan.

"Zanzibar dan Indonesia punya hubungan sejak 400-500 tahun lalu. Cengkih di Zanzibar berasal dari Indonesia. Dahulu orang Indonesia datang berjualan rempah ke Zanzibar dengan berlayar ketika angin muson," kata Menteri Informasi, Pariwisata, dan Sejarah Zanzibar, Mahmoud Thabit Kombo di acara Zanzibar Tourism Show di Indonesia, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Baca: Feri Tenggelam di Zanzibar, Ratusan Penumpang Hilang

Selain persamaan sejarah, Mahmoud menyebutkan Zanzibar dan Indonesia juga memiliki penduduk mayoritas muslim. Sehingga lebih mudah bagi turis asal Indonesia untuk berwisata halal di daerah yang berada di Afrika Timur ini.

Beberapa usaha dilakukan untuk menggaet turis Indonesia ke Zanzibar. Seperti acara pertemuan bisnis antara Kementerian Pariwisata Zanzibar bersama para pelaku industri pariwisata Indonesia untuk mengenalkan pariwisata dan paket wisata Zanzibar.

Selain itu juga mengadakan penerbangan langsung dari Indonesia ke Zanzibar, guna memboyong turis dari kedua negara. Penerbangan langsung sampai saat ini masih dalam proses permohonan ke pihak maskapai.

Baca: Sosok Sadio Mane, Pemain Liverpool yang Jadi Duta Pariwisata Indonesia

"Ada sekitar dua juta orang Indonesia yang berwisata ke luar negeri. Kalau kami bisa dapat satu persennya, yakni 20.000 itu sungguh sangat bagus," jelas Mahmoud.

Saat ini Mahmoud menyebutkan turis asal Asia paling sedikit berkunjung ke Zanzibar dibanding benua lainnya.

Negara Asia terbanyak penyumbang turis ke Zanzibar adalah China dengan jumlah 7.000-an turis selama satu tahun dan India dengan jumlah 6.000-an turis selama satu tahun.

Data terakhir dari Zanzibar menyebut hanya ada 60-65 turis Indonesia yang berkunjung ke Zanzibar sepanjang 2018 ini.

Baca: Melania Trump Dikecam Karena Kenakan Topi Simbol Penjajah Kolonial saat Lakukan Kunjungan ke Afrika

Zanzibar merupakanan daerah semi otonom di Tanzania. Daerah ini dikenal sebagai penghasil rempah, sama seperti  Indonesia sejak dahulu kala. Seorang bintang rock legendaris, Freddie Mercury, juga diketahui lahir di Zanzibar.

Destinasi wisata yang ditawarkan Zanzibar adalah wisata sejarah, wisata budaya, wisata bahari, wisata petualangan alam liar, dan festival tahunan. Untuk masuk ke Zanzibar, wisatawan Indonesia dapat memanfaatkan aplikasi visa pada kedatangan.(kompas.com)

Editor: Herviansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved