Puskesmas Duminanga Perhatian Terhadap Penyakit Tidak Menular

Dinkes Bolsel melalui Puskesmas Duminanga Kecamatan Helumo menaruh perhatian khusus terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM).

Puskesmas Duminanga Perhatian Terhadap Penyakit Tidak Menular
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Berlangsungnya pengobatan UKK dan PTM 2 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Duminanga Kecamatan Helumo menaruh perhatian khusus terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM).

Baca: Sakina Sebut Sarjana PAUD Langka di Bolsel

Hal tersebut dibuktikan melalui kegiatan Pos Pelayanan Upaya Kesehatan Kerja (UKK) dan skrining PTM di Desa Motolohu dan Pangia.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Duminanga Sriwahyuni Kadullah SKep, Rabu (14/11) bahwa target UKK dan PTM adalah masyarakat yang bekerja sebagai nelayan dan petani.

Baca: Sistem Rujukan BPJS Online di Bolsel Dalam Fase Evaluasi

"Target kami masyarakat yang berusia 15-59 tahun. Mendeteksi PTM seperti kolesterol, gula darah, asam urat, dan tekanan darah tinggi," jelasnya.

Selain pemeriksaan lengkap, pelayanan kesehatan gratis ini dilakukan dengan pemberian obat bagi pasien yang terdeteksi mengidap PTM.

Berlangsungnya pengobatan UKK dan PTM 2
Berlangsungnya pengobatan UKK dan PTM 2 (Tribunmanado)

Kata Kapus, pemeriksaan yang dilakukan sedikit berbeda dari biasannya yaitu menggunakan sistem jemput bola berkunjung langsung ke rumah pasien.

"Kegiatan ini sudah kita laksanakan kemarin Selasa (13/11). Pelayanan UKK di Desa Motolohu kita pusatkan ditepi pantai mengingat targetnya adalah nelayan," jelasnya.

Kemudian untuk skrining di Desa Pangia dilaksankan di rumah warga yang melaksanakan doa peringatan tujuh malam (kedukaan).

"Kenapa kita pusatkan disitu, karena disitu banyak warga yang berkumpul dan semua atas seijin sangadi (kepala desa)," jelasnya.

Baca: Peringati Hari Pahlawan Pemkab Bolsel Gelar Upacara Bendera

Pada kesempatan tersebut untuk Desa Motolohu timnya berhasil memeriksa 23 orang pasien sentra di Desa Pangia sebanyak 67 orang pasien.

"Di Motolohu 15 orang kita berikan pengobatan, rata-rata mengidap kolesterol dan darah tinggi. Kemudian Pangia 51 orang diberikan pengobatan kolesterol, darah tinggi, dan asam urat," jelasnya.

Perlu diketahui tim kesehatan Puskesmas Duminanga dipimpin oleh Kapus Sriwahyuni Kadullah S Kep, berangotakan Ayu Oka Amd Keb, Lustantri Rahim Amd Kep, Siska Aliu Amd Kep, Riry Fadila Amd Kep, Ns Ni Wayan Suwertiyasih S Kep, Sri Intan Pondaag Amd Kep. (lix)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved