Jumlah Pemilih Kotamobagu di Pemilu 2019 Sebanyak 90.558

KPU Kota Kotamobagu menetapkan dan mengesahkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Kedua Selasa (13/11/2018) sore.

Jumlah Pemilih Kotamobagu di Pemilu 2019 Sebanyak 90.558
ISTIMEWA
Foto bersama di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu menetapkan dan mengesahkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Kedua Selasa (13/11/2018) sore.

Penetapan dilaksanakan dalam rapat pleno yang dihadiri Bawaslu, Pemerintah Kota, serta Pimpinan Parpol se-Kota Kotamobagu.

DPTHP Kedua ini diperoleh setelah melalui serangkaian perbaikan, saran dan pendapat dari Bawaslu Kota Kotamobagu.

“Sebenarnya pleno sudah dimulai sejak hari Minggu kemarin, tapi karena ada perbedaan persepsi dan masukan-masukan dari Bawaslu, maka sidangnya beberapa kali diskor hingga Rabu hari ini," ujar Iwan Manoppo, Ketua KPU Kota Kotamobagu.

Hadir pada pleno tersebut Komisioner.

Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang dan Adrian H Dayoh.

Permasalahan mendasarnya, menurut Iwan adalah pada sistem informasi data pemilih (sidalih) yang digunakan untuk meng-upload data hasil perbaikan DPTHP.

“Beberapa kali operator kami berusaha untuk mengupload tapi selalu terkendala jaringan dan melambat. Karena dalam Peraturan KPU sudah tegas dan jelas bahwa data yang diplenokan harus sesuai dengan data yang ada di Sidalih," ujar Iwan.

Hal lainnya yang sempat dikritik dan bahkan menjadi rekomendasi Bawaslu adalah terkait dengan Surat Edaran KPU RI yang memerintahkan jajaran dibawah untuk melakukan coklit terbatas.

“Kami mendapat laporan dari pengawas kami dibawah bahwa ada beberapa PPS yang tidak melakukan coklit langsung ke pemilih, sehingga kami menemukan beberapa pemilih yang perlu mendapat perhatian,” kata Ivan Tandayu diiyakan Mischart Manoppo dan Musly Mokoginta, Personel Bawaslu Kota Kotamobagu.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved