Ikut Peringati 100 Tahun Berakhirnya PD I, Trump Disambut Protes

Namun Trump dan Putin tidak bergabung dengan pemimpin lainnya yang berjalan secara simbolis menuju Champs-Elysees ke monumen.

Ikut Peringati 100 Tahun Berakhirnya PD I, Trump Disambut Protes
AFP/Ludovic Marin
Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel, tiba bersama istrinya, Ibu Negara Pertama AS Melania Trump untuk menghadiri upacara di Arc de Triomphe di Paris, Minggu (11/11/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID,  LONDON - Sekitar 70 pemimpin dunia berkumpul di Paris, Perancis, Minggu (11/11/2018), untuk memperingati 100 tahun berakhirnyaPerang Dunia I.

Melansir AFP, sejumlah pemimpin negara seperti Presiden Perancis Emmanuel Macron, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Kanselir Jerman Angela Merkelnampak menonjol dalam perayaan tersebut.

Bersama dengan Macron dan Merkel, Sekjen PBB Antonio Guterres memperingatkan meningkatnya nasionalisme bisa mengancam perdamaian.

Selain mereka, sosok Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga terlihat di antara pemimpin negara yang menghadiri upacar di Arc de Triomphe, di tengah hujan lebat.

Namun Trump dan Putin tidak bergabung dengan pemimpin lainnya yang berjalan secara simbolis menuju Champs-Elysees ke monumen.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga hadir di sana.

Setelah lonceng gereja berbunyi di seluruh Perancis pada pukul 11.00, tepat satu abad setelah penandatanganan gencatan senjata, para pemimpin dunia mengikuti upacara khusus.

"Nasionalisme mengkhianati patriotisme," kata Macron, dalam pidatonya.

"Dengan bilang kepentingan kita adalah yang utama dan lainnya tidak penting, kita menghapus apa yang membuat bangsa menjadi berharga, membuatnya hidup, menjadi hebat, dan paling penting dari semua adalah nilai moralnya," ujarnya.

Peringatan diakhiri dengan bunyi terompet yang pernah dimainkan pada 11 November 1918, pukul 11.00, untuk menandai berakhirnya pertempuran Front Barat.

Halaman
12
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved