AS Minta Pertanggungjawaban Atas Pembunuhan Kashoggi Pada Pihak yang Terlibat

Dua kasus tersebut, pembunuhan Khashoggi dan konflik Yaman telah menekan pemerintahan Saudi, terutama putra mahkota yang dikenal dengan MBS itu.

AS Minta Pertanggungjawaban Atas Pembunuhan Kashoggi Pada Pihak yang Terlibat
Aljazeera.com/Lefteris Pitarakis/AP
Jamal Khashoggi 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  AS meminta pertanggungjawaban dari semua pihak yang terlibat dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

"Menteri Luar Negeri menekankan bahwa AS akan menahan semua yang terlibat dan bertanggung jawab dalam pembunuhan Jamal Khashoggi dan Saudi harus melakukan hal yang sama," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Heather Nauert dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Senin (12/11/2018).

Baca: Ini Kata-kata Terakhir Jamal Khashoggi Saat Akan Dibunuh

Sebelumnya, Menlu AS sempat menyebut kasus pembunuhan Khashoggi sebagai hal yang melanggar norma hukum internasional dan bahwa AS sedang memperhitungkan kemungkinan sanksi untuk orang-orang yang diidentifikasi sebagai pihak yang terlibat.

Namun Presiden Donald Trump juga telah menekankan akan mempertahankan hubungan komersial, strategis, dan keamanan nasional penting yang telah terjalin dengan Arab Saudi.

Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump (Timesofisrael.com)

Selain membahas tentang kasus pembunuhan Khashoggi, dalam sambungan telepon tersebut, Pompeo juga mengungkit konflik Yaman, yang juga melibatkan Arab Saudi.

Dua kasus tersebut, pembunuhan Khashoggi dan konflik Yaman telah menekan pemerintahan Saudi, terutama putra mahkota yang dikenal dengan MBS itu.

Pangeran MBS dianggap telah berperan penting dalam mengawasi intervensi Arab Saudi di Yaman. Dia juga dituduh sejumlah pihak sebagai pihak yang mendalangi pembunuhan jurnalis Khashoggi, yang langsung dibantah pihak Saudi.

Baca: Jurnalis Investigasi Turki Membeberkan Rekaman Pembunuhan Jamal Khashoggi

Pada Sabtu (10/11/2018), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pihaknya telah membagikan rekaman suara terkait kasus pembunuhan Khashoggi kepada Arab Saudi dan AS, serta Jerman, Perancis dan juga Inggris.

Erdogan menyebut bahwa negara-negara itu telah mendengarkan rekaman tersebut. Namun dia menambahkan, rekaman tersebut tanpa disertai dokumen tertulis apa pun.

"Kami memberikan rekaman tersebut kepada mereka. Mereka telah mendengarkan percakapan yang terjadi. Mereka tahu," kata Erdogan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AS akan Minta Pertanggungjawaban Pihak-pihak yang Terlibat Pembunuhan Khashoggi"

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved