Festival Danau Tondano Sukses, Grup Rajawali dan SMAN 3 Tondano Juara Lomba Kolintang

Festival Danau Tondano 2018 yang digelar dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-590, di Benteng Moraya, Tondano, sukses,

Festival Danau Tondano Sukses, Grup Rajawali dan SMAN 3 Tondano Juara Lomba Kolintang
Tribun manado / ferdinand ranti
Lomba Musik Kolintang dalam rangka Festival Danau Tondano 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Festival Danau Tondano 2018 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Minahasa dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-590, di Benteng Moraya, Tondano, sukses, Sabtu (10/11)

Kegiatan yang dibuka Bupati Minahasa Royke Oktavian Roring MSi ini, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Dra Ny Fenny Ch Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP PKK Ny Martine Dondokambey-Lengkong, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, Pengurus DPP Kerukunan Keluarga Kawanua Joune Ganda, Tim Kementerian Pariwisata RI Wilayah Pemasaran Satu Regional III Rahma Akbari, Fitriana, dan Sukma Dewani, para Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, jajaran pejabat Pemkab Minahasa dan masyarakat umum lainnya.

Bupati Royke Oktavian Roring mengatakan, kita harus bangga punya potensi pariwisata yang lengkap.

“Minahasa punya Danau Tondano, memiliki pantai timur juga barat, artinya dari sisi pariwisata laut kita ada, dari sisi pariwisata danau kita ada, dari sisi pariwisata alam pun kita ada, tentunya kesemuanya ini menunjukan bahwa Minahasa miliki potensi pariwisata yang lengkap, tinggal dikembangkan. Karena itu, mari kita gali, kemas dan kita tawarkan kepada wisatawan, baik wisatawan lokal maupun yang berkunjung ke Sulut, apalagi kita diuntungakan dengan cuaca yang sejuk,” kata Bupati.

Baca: Bupati Minahasa Buka Festival Danau Tondano, Harus Dibuat Semarak

Baca: Ikut Festival Danau Tondano, Puluhan Turis Asing Ikut Menari Katrili

Menurutnya momentum ini harus dimanfaatkan untuk mendatangkan wisatawan asing seperti wisatawan Tiongkok dan negara lain datang berkunjung di Minahasa.

Tawarkan berbagai aktivitas budaya yang telah dikemas dengan apik, dan ini akan dapat menarik wisatawan masuk ke Minahasa.

Bupati yang terkenal dengan istilah ROR ini juga meminta kepada jajarannya khusunya para Kepala Dinas dan seluruh perangkat untuk dapat mengemas berbagai kegiatan, baik itu budaya atau destinasi budaya, karena Minahasa begitu lengkap dengan berbagai budaya.

“Saya minta seluruh SKPD tahun depan usahakan adakan kegiatan, baik itu skala nasional maupun skala internasional,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Budpar Agustivo Tumundo SE MSi dalam laporannya mengurai semua jenis kegiatan yang akan digelar seharian penuh di kompleks Benteng Moraya, dan menyampaikan terima kasih kepada semua sponsor yang turut mensukseskan kegiatan ini.

Kegiatan yang diawali dengan atraksi Senam Minahasa Hebat oleh 590 siswa SD, SMP dan SMA di Minahasa, dilanjutkan dengan Pergelaran Seni Budaya Minahasa berupa tampilan tarian Kabasaran dan tarian Katrili, kemudian Pentas Musik Danau Tondano dengan artis Bassgilano Revolution, artis Melly Pungus dan Stand Up Comedy Jobe, kemudian Lomba Memancing Ikan Danau Tondano yang diawali dengan pelepasan Ikan Mujair sebanyak 590 ekor di Kolam Benteng Moraya oleh Bupati ROR, Wabup RD masing-masing bersama isteri dan Tim Kementerian Pariwisata.

Benteng Moraya
Benteng Moraya (TRIBUN MANADO/ALEXANDER PATTYRANIE)

Kegiatan selanjutnya berupa Lomba Musik Kolintang antar Siswa/Pelajar dan antar Grup Kolintang kategori Umum. Suasana acara menjadi lebih semarak dimana MC Joya dan pelawak Cipan terus membumbu sela-sela kegiatan tersebut lomba Kolintang ini, yang turut membuat betah Bupati ROR, Wabup RD, Sekda JRK masing-masing bersama isteri untuk menyaksikan rangkaian kegiatan ini dari pagi hingga petang hari.

Akhir dari Lomba Kolintang yang diikuti oleh 22 Grup Kolintang se-Sulut ini, dengan Tim Juri terdiri dari Drs Joppy Sajow, Ferry Darosa MPd dan Steve Tuwaidan ini, dalam kategori Siswa/Pelajar Juara I diraih oleh SMA Negeri 3 Tondano dan berhak atas Trofi Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Uang Tunai Rp 10 Juta, Juara II diraih oleh SMK Kristen 1 Tomohon dan meraih Trophy Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi dan Uang Tunai Rp 5 Juta, Juara III SMP Frater Don Bosco Manado yang meraih Trofi Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi dan Uang Tunai Rp 2,5 Juta.

Sedangkan untuk kategori umum, Juara I diraih oleh Grup Kolintang Rajawali Winangun Manado dan berhak atas Trophy Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Irjen Pol Dr Ronny F Sompie MH dan Uang Tunai Rp 10 Juta, Juara II diraih oleh Grup Kolintang Kendis ne Talawaan Minut yang berhak atas Trophy Wakil Ketua Umum DPP KKK Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu dan Uang Tunai Rp 5 Juta, dan Juara III direbut oleh Grup Kolintang Don Bosco Manado dan maraih Trophy Sekjen DPP KKK Ayub Junus dan Uang Tunai Rp 2,5 Juta.

Untuk Lomba Memancing Ikan diraih oleh Revly Mandolang dari Kelurahan Ranowangko yang meraih Trophy Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi dan Uang Tunai Rp 2,5 Juta, Juara II direbut oleh Marlon Kusen dari Kelurahan Papakelan dan berhak atas Trophy Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi dan Uang Tunai Rp 1,5 Juta, dan Juara III diraih oleh Rolly Koli dari Kelurahan Katinggolan dan memperoleh Trophy Kadis Budpar Agustivo Tumundo SE MSi dan Uang Tunai Rp 1 Juta.

Adapun penyerahan hadiah trofi dan Uang Tunai kepada semua pemenang telah dilaksanakan usai Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Halaman Kantor Bupati Minahasa oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi dan Wakil Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Kawanua Brigjen Pol Dr Winston Tommy Watuliu yang hadir bersama isteri Ny Debby Watuliu-Dumais. (fer)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved