Facebook Luncurkan Aplikasi Lasso sebagai Pesaing TikTok

Facebook akhirnya resmi meluncurkan Lasso, aplikasi berbasis video pendek tersendiri yang mirip TikTok.

Facebook Luncurkan Aplikasi Lasso sebagai Pesaing TikTok
Kompas.com
Aplikasi Lasso milik Facebook 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setelah beberapa waktu lalu diperbincangkan, raksasa jejaring sosial Facebook akhirnya resmi meluncurkan Lasso, aplikasi berbasis video pendek tersendiri yang mirip TikTok.

Baca: Live Streaming, Prediksi, Data dan Fakta - AC Milan vs Juventus

Aplikasi ini hadir dalam rangka merebut pengguna remaja kekinian atau milenial yang semakin ke sini semakin meninggalkan Facebook, dimana hanya setengah dari total pengguna remaja (awalnya 71 persen pada 2015) yang masih menggunakan media sosial tersebut pada saat ini.

Baca: KEREN! Ternyata Indonesia Punya Sniper Legendaris, Simak Kehebatannya

Lasso sejatinya mirip dengan TikTok/Musically yang dibuat untuk hiburan. Fitur-fitur yang ada pun rupanya mirip dengan aplikasi pesaing.

"Lasso adalah aplikasi mandiri berisi video pendek yang menghibur, dari komedi, kencantikan, hingga fitness dan lainnya." sebut pihak Facebook.

Baca: Gelar Juara Bagaikan Bahan Bakar bagi Marc Marquez

Perusahaan itu juga menambahkan secara perlahan akan mengumpulkan umpan balik dari pengguna Lasso untuk mengembangkan potensinya.

 
Dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Sabtu (10/11/2018), Lasso memiliki kemampuan tampilan full-screen, halaman Discover, di mana pengguna bisa mencari video bikinan pengguna lain, serta satu halaman linimasa yang berjudul 'Today's top Creators'.

Halaman itu memungkinkan pengguna bisa melihat pembuat video terbaik, atau video yang sedang trending. Seluruh fitur tersebut diklaim bisa dinavigasi secara mudah.

Baca: Jadwal Lengkap, Info Live Streaming dan Siaran Langsung Trans7 MotoGP Valencia

Dalam pembuatan konten, aplikasi Lasso itu dibekali dengan tool yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lip sync, merekam video pendek, dan menyertakan musik (yang terlisensi pada katalog) ke dalam video yang bisa diatur kecepatannya, sama seperti yang ada pada TikTok.

Selain unggahan dan profil pengguna bisa terlihat secara 'public', Lasso juga memiliki kemampuan 'cross-platform', yang berarti pengguna bisa mengunggah videonya ke Facebook Stories.

Facebook juga menjanjikan 'cross-platform' Lasso dengan Instagram Stories yang akan datang dalam beberapa waktu kedepan.

Aplikasi Lasso mulai disebar untuk platform Android dan iOS. Pengguna Lasso bisa login dengan mudah menggunakan akun Facebook atau Instagram.

Baca: Hasil Pertandingan Liga Inggris - Crystal Palace 0-1 Tottenham, Spurs Dampingi Chelsea dan Liverpool

Namun, Indonesia belum kebagian aplikasi video hiburan buatan Facebook ini. Pasalnya, aplikasi Lasso baru bisa dijumpai di toko aplikasi oleh pengguna yang berdomisili di Amerika Serikat (AS) saja.

Editor: Indry Panigoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved