Terungkap Rekaman Percakapan Pilot dengan Pihak ATC Menjelang Pesawat Lion Air JT-610 Jatuh

Setelah 20 menit lepas landas, co-pilot Hervino meminta sejumlah posisi di sekitar pesawat dipertahankan berkaitan dengan kondisi pesawat.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Beredar rekaman percakapan pilot Lion Air PK-LQP Bhavye Suneja dengan Petugas Pengatur Lalu Lintas Penerbangan ATC Bandara Soekarno Hatta.

Percakapan tersebut terjadi saat detik-detik jelang pesawat tersebut jatuh.

Dilansir Tribun Video dari tayangan Redaksi Sore Trans7, awalnya pada pukul 06.20 WIB pesawat naik ke ketinggian 27.000 kaki tanpa ada hambatan.

Namun setelah 20 menit lepas landas, co-pilot Hervino meminta sejumlah posisi di sekitar pesawat dipertahankan berkaitan dengan kondisi pesawat.

Atas permintaan ini pihak ATC bertanya ada masalah apa.

Baca: Berikut 10 Destinasi Favorit di Kalangan Milenial Indonesia, Mulai Bangkok hingga Jeddah

Kemudian sang pilot mengaku adanya persoalan dengan kendali penerbangan.

ATC yang melihat pesawat turun kemudian meminta pesawat Lion untuk naik ke posisi 5000 kaki.

7 menit berselang, ATC memerintakan pesawat Sriwijaya Air yang tengah melintas untuk memberi ruang dan menghindari pesawat Lion yang terus melaju dengan tidak stabil.

Pukul 06.29 WIB, pilot Lion Air mengungkapkan lagi bahwa ada masalah kendali penerbangan dan penerbangan dilakukan secara manual.

Pada waktu 10 menit penerbangan, pilot mengabarkan bahwa pesawatnya dalam posisi kembali menuju ke Bandara Soekarno Hatta karena ada masalah dengan kendali penerbangan.

Halaman
12
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved