Piala AFF 2018, Kisah Perkawinan Andik Vermansah dengan Nomor 21

Buat pencinta sepak bola, ketika kita menyebut angka 21, nama yang akan langsung dibayangkan adalah Andrea Pirlo, mantan gelandang elegan asal Italia

Piala AFF 2018, Kisah Perkawinan Andik Vermansah dengan Nomor 21
KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA
Gelandang Indonesia, Andik Vermansah.

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Buat pencinta sepak bola, ketika kita menyebut angka 21, nama yang akan langsung dibayangkan adalah Andrea Pirlo, mantan gelandang elegan asal Italia. Kini, di Piala AFF 2018, nomor tersebut akan tertera di pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansah. 

Popularitas pesepak bola merupakan buah dari prestasi dan kemampuan luar biasa yang dimilikinya.  Selain prestasi si pemain, publik juga akan mengingat nomor punggung idolanya.

Awalnya, nomor di bagian belakang kostum berfungsi untuk membedakan pemain saat berada di lapangan. Namun, dalam perkembangannya, nomor punggung bukan hanya sekadar angka, terkadang disakralkan.

Persela Lamongan contohnya. Klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu memesiunkan nomor punggung satu menyusul meninggalnya kiper Choirul Huda pada 15 Oktober 2017.

Baca: Aturan Ketat Asupan Makanan bagi Timnas Indonesia, Tidak Boleh Makan Gorengan!

Nomor tersebut dipensiunkan sebagai bentuk perhormatan manajemen Persela atas loyalitas Choirul Huda.

Nomor punggung lazim menjadi merek dagang, seperti Cristiano Ronaldo dengan CR7-nya. Dengan CR7, bintang Juventus tersebut mengembangkan bisnis fashion dan properti.

Pemain juga terkadang memilih nomor punggung untuk mengenang momen indah dalam hidupnya. Hal tersebut dilakukan Andrea Pirlo.

Pemain asal Italia tersebut identik dengan nomor punggung 21. Pirlo selalu mengenakan angka tersebut saat membela klub atau tim nasional.

Dalam autobiografinya pada 2013, Pirlo menjelaskan bahwa angka 21 adalah nomor favoritnya.

Baca: Piala AFF 2018: Bima Sakti Ungkap Cara Timnas Indonesia Kalahkan Singapura

pernikahan saya dan tanggal debut saya di Serie-A," kata Pirlo.

Halaman
123
Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved