Pegadaian Targetkan Laba Tumbuh 8%

Kinerja penyaluran pinjaman atau outstanding loan PT Pegadaian (Persero) belum mampu berlari kencang.

Pegadaian Targetkan Laba Tumbuh 8%
ISTIMEWA
Pegadaian 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Kinerja penyaluran pinjaman atau outstanding loan PT Pegadaian (Persero) belum mampu berlari kencang. Direktur Utama PT Pegadaian Sunarso mengatakan, sampai September 2018, penyaluran pinjaman mencapai Rp 39,68 triliun atau hanya tumbuh 9,13% secara year on year (yoy) dari Rp 36,36 triliun. Produk non gadai telah menopang 20% perolehan pembiayaan perseroan ini.

Selebihnya dari produk gadai. Pada periode yang sama, laba Pegadaian naik 6,39% yoy menjadi Rp 1,98 triliun. Ini sejalan dengan pendapatan yang naik 9,2% yoy menjadi Rp 8,47 triliun dan beban usaha yang turun menjadi Rp 5,01 triliun di kuartal III 2018.

Penyaluran pinjaman Pegadaian yang hanya tumbuh satu digit sejalan dengan pertumbuhan industri pembiayaan juga hanya tumbuh di kisaran 5%-6%. "Pegadaian masih bisa tumbuh di atasnya, yaitu 8%-9%," kata Sunarso, Rabu (7/11).

Di samping itu, pembiayaan yang belum maksimal juga disebabkan kompetisi antara industri pembiayaan, baik pembiayaan konvensional maupun berbasis digital yang semakin tinggi.

Untuk itu Pegadaian akan terus melakukan berbagai terobosan inovasi produk dan layanan antara lain dengan Pegadaian Digital Service (PDS), Investasi Emas, Gadai Syariah, Gadai Tanpa Bunga dan memperbanyak jumlah agen Pegadaian.

Sunarso menargetkan hingga akhir tahun ini mampu mendapatkan laba bersih sekitar Rp 2,7 triliun, atau naik 8% secara yoy. "Saya optimistis target tersebut tercapai," imbuhnya, Rabu (7/11).

Sunarso juga menargetkan jumlah nasabah bisa terus tumbuh. Saat ini jumlah nasabah Pegadaian mencapai 11 juta lebih. Target nasabah hingga akhir tahun sebanyak 2,5 juta.

Pegadaian juga menargetkan bisa memiliki sebanyak 8.044 agen di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 3.000 agen gadai, 6.000 agen pemasaran, dan 2.044 yaitu sales force. Sampai akhir Agustus 2018, jumlah agen sebanyak 6.003 agen diseluruh Indonesia, naik 1,45 % yoy.

Selain itu Pegadaian saat ini memiliki sebanyak 12 kantor wilayah yang membawahi sekitar 4.571 outlet. Jumlah ini mampu melayani sebanyak 6.992 nasabah, dengan omzet mencapai Rp 87,03 triliun.

Pegadaian ingin mencapai target tersebut lewat strategi yang dikenal dengan G5star. Yakni Grow core, Grab new business opportunity, Grooming talent, Generation Ztechnology atau the latest technology dan Greatculture.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved