Tajuk Tamu - Konstruksi Demokrasi dan Kesadaran Buatan Ditengah Derasnya Arus

Konstruksi demokrasi dan kesadaran buatan ditengah derasnya arus terurai berbagai publikasi atas munculnya dinamika politik jelang pemilu

Tajuk Tamu - Konstruksi Demokrasi dan Kesadaran Buatan Ditengah Derasnya Arus
Ist
Amas Mahmud, S.IP, Sekretaris DPD KNPI Manado 

Politik Liberal

Oleh : Amas Mahmud, S.IP, Sekretaris DPD KNPI Manado

TERURAI berbagai publikasi pikiran atas munculnya dinamika politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, membuat posisi demokrasi kita makin kuat mencari format idealnya.

Keragaman pandangan di panggung politik itu ikut mengilhami saya untuk memberikan perhatian pada pembicaraan tentang konstruksi demokrasi Indonesia kontemporer.

Demokrasi kita bukan sekedar semacam etalase atau pajangan hiasan, yang secara estetik menampilkan aura ‘perwajahan’ demokrasi yang tertata rapi dari sudut pandang simbolik.

Kita juga telah menjayadari kalau esensi demokrasi tidak sekedar menyajikan ‘matra’ yang tertulis dalam bulletin atau pamflet yang didalamnya mengulas soal semangat menjaga kedaulatan semesta yang tidak holistik.

Untuk memanifestasikan konstruksi demokrasi yang betul-betul mengakomodir kepentingan rakyat, maka cukup kita menjauhkan sikap diskriminasi dari pemimpin dan belajar konsisten ucapan-perbuatan.

Dilain pihak, memang kita kehilangan contoh tentang perdebatan yang bermutu dalam membangun demokarasi, hal ini terlihat dari tampilan dilayar-layar Televisi kita yang masih memuat perdebatan adu gengsi serta wibawa politik.

Ketimbang diskusi, para politisi dan Negarawan kita codong mengakrabi debat.

Pemilu 2019
Pemilu 2019 (Istimewa)

Baca: KPU Manado Libatkan Media dalam Sukseskan Pemilu 2019‎

Baca: Bawaslu Minahasa Laksanakan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019

Baca: Beredar Pesan soal Situs Cek Status Pemilih pada Pemilu 2019, Ini Kata KPU

Sebetulnya ‘tukar pikiran’ atau diskusi memecahkan masalah guna melahirkan solusi, tidak malah kita digeser untuk berdebat saling mencari-cari salah.

Halaman
1234
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved