Feybe Sanger Katakan Kenaikan UMP Akan Berdampak Positif di Minahasa

Naiknya UMP Sulut, menurut Feybe Sanger, menjadi hal yang positif untuk dunia tenaga kerja termasuk di Minahasa.

Feybe Sanger Katakan Kenaikan UMP Akan Berdampak Positif di Minahasa
FACEBOOK
Feybe Sanger 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Naiknya Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulawesi Utara (Sulut) setelah ditetapkan pada tanggal 1 November 2018 kemaren tentunya menjadi hal yang positif untuk dunia tenaga kerja.

Termasuk di Minahasa, Sulut.

Hal ini dikatakan Komisi II DPRD Minahasa, Fraksi PDI Perjuangan, Feybe Sanger, Kamis (08/11/2018).

Kenaikan UMP Sulut lewat Keputusan Gubernur nomor 433 yang sedianya akan berlaku mulai 1 Januari 2019 dengan UMP Sulut Rp 3.051.076.

"Diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi dunia ketenagakerjaaan di Sulawesi Utara terlebih khusus bagi Minahasa dampak positifnya tenaga kerja sector swasta akan sangat diuntungkan jadi tidak jadi PNS pun maka anak muda kita bisa ke swasta, dan apabila tenaga kerja di Minahasa banyak terserap maka akan berdampak positif terhadap perekonomian daerah karena daya beli masyarakat akan menjadi naik," kata Ketua Badan Kehormatan DPRD Minahasa.

Sebagai Wakil Rakyat, menurut Sanger hal yang penting pasca ditetapkan UMP di Sulawesi Utara yang nantinya akan berlaku pada 2019 nanti adalah sosialisasi kepada seluruh stake holder selama akhir tahun 2018 ini sehingga Kenaikan UMP benar-benar diketahui oleh karyawan sehingga mereka bisa mengetahui hak yang harus mereka dapatkan.

"Dinas Tenaga Kerja kabupaten Minahasa sebagai salah satu Mitra kerja diharapkan gencar sosialisasikan hal ini agar hak-hak karyawan akan dijamin oleh perusahaan tempat mereka bekerja karena sangat berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Sebab, konsep penyusunan UMP mengikuti formulasi PP 78/2015 tentang pengupahan dengan regulasi itu menteri tenaga kerja setiap tahun mengeluarkan edaran untuk segera menetapkan UMP tahun berikutnya termasuk untuk UMP 2019 nanti.

Ia menambahkan, di sisi lain mengingat UMP yang setiap tahunnya naik harus pula diimbangi dengan peningkatan kerja karyawan karena Kenaikan UMP harus dapat dimaknai juga dengan tuntutan dalam peningkatan Kualitas kinerja karena menjadi kenaikan biaya juga tentunya bagi perusahaan sehingga penting upaya–upaya pembenahan dari SDM yang ada lebih khusus bagi tou Minahasa.

Mengingat sekarang era terbuka sehingga tidak menutup pintu bagi mereka yang dari luar Minahasa untuk bekerja di daerah ini.

"Sekali lagi sosialisasikan kenaikan UMP ini terlebih bagi Instansi teknis yang ada di daerah ini karena dalam beberapa kesempatan saya sempat berbicara dengan beberapa Karyawan sekaligus sosialisasikan sanksi yang mengikat bagi Perusahaan jika ada pelanggaran terhadap aturan ini," pungkasnya.

(Tribunmanado.co.id/Ferdinand Ranti)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved