ESDM Masih Tutup Keran Ekspor Tiga Perusahaan

Pemerintah masih menyumbat keran ekspor tiga dari empat perusahaan tambang yang belum memenuhi target

ESDM Masih Tutup Keran Ekspor Tiga Perusahaan
kontan
Ilustrasi perusahaan yang mengelola tambang nikel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah masih menyumbat keran ekspor tiga dari empat perusahaan tambang yang belum memenuhi target pembangunan smelter sesuai rencana kerja. Belakangan, pemerintah membuka izin ekspor satu perusahaan tersebut karena sudah memberikan laporan perkembangan pembangunan smelter.

Pada pertengahan Agustus lalu, Kementerian ESDM menjatuhkan sanksi kepada empat perusahaan pertambangan mineral. Perinciannya, tiga perusahaan nikel yaitu PT Toshida Indonesia, PT Modern Cahaya

Makmur, PT Integra Mining Nusantara serta satu perusahaan bauksit yakni PT Lobindo Nusa Persada. Sanksinya berupa penghentian sementara izin ekspor.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bambang Susigit menjelaskan, sejumlah perusahaan dikenai sanksi dan peringatan terakhir karena tak memberikan laporan. Juga karena realisasi pembangunan smelter tidak mencapai target yang dipatok dalam periode enam bulan.

"Hanya satu yang sudah dibuka kembali ekspornya karena telah menyampaikan laporan, sudah diverifikasi," kata Bambang kepada KONTAN, Selasa (6/11), tanpa menyebutkan identitas perusahaan itu.

Hanya saja, Bambang mengemukakan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan nikel. Nah, untuk PT Toshida Indonesia yang sebelumnya mendapatkan peringatan terakhir, Bambang menyebutkan, perusahaan itu sudah menyampaikan laporannya.

 

HERO Mulai Bangun Gerai Kedua IKEA

PT Hero Supermarket Tbk memulai ekspansi gerai IKEA yang kedua. Pada Rabu (7/11), perusahaan ini menandai pembangunan gerai baru IKEA di kawasan Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur lewat seremoni groundbreaking atau penanaman tiang pancang.

Hero Supermarket melibatkan PT Archipelago Property Development. "Proyek ini merupakan kerjasama dengan sister company di mana Archipelago yang akan menyediakan dan membangun tempatnya, sedangkan IKEA nanti hanya akan membayar sewa," ujar Patrik Lindvall, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, kemarin.

Hero Supermarket merupakan entitas sepengendali dengan Archipelago Property. Hero Supermarket menginduk secara langsung kepada Mulgrave Corporation B.V., bagian dari Jardine Matheson Holdings Limited melalui The Dairy Farm Company Limited.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved