Ini Pengalaman Mona Ratuliu Mengatasi Persoalan Anak Kecanduan Gadget

Gadget tak dipungkiri jadi perangkat penting membantu kehidupan manusia. Terutama dalam urusan komunikasi

Ini Pengalaman Mona Ratuliu Mengatasi Persoalan Anak Kecanduan Gadget
istimewa
Mona Ratuliu jadi pembicara di acara Kiddies Day Out di Pejaten Village. 

TRIBUNMANADO.CO.ID  - Gadget tak dipungkiri jadi perangkat penting membantu kehidupan manusia. Terutama dalam urusan komunikasi.

Tak hanya orang dewasa yang bergantung pada gadget. Anak-anak pun demikian sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena alasan itulah, Mona Ratuliu tidak serta merta melarang anaknya menggunakan gadget.

"Kita harus bisa mengenali karakter anak dulu. Enggak bisa kita langsung larang," ujar Mona Ratuliu setelah menjadi pembicara di Kiddies Day Out di Pejaten Village, baru-baru ini.

Davina Shava Felisa, anak pertama Mona Ratuliu, dulu masuk kategori kacanduan gadget. Sebagai orangtua, ia memutuskan untuk membantasi anaknya menggunakan perangkat tersebut.

Baca: Kenali Penyakit Pitiriasis Alba, Mona Ratuliu Berbagi Pengalaman Tentang Putrinya

Baca: Berikut 4 Tips Bersahabat dengan Gadget, Tak Perlu Memusuhi Untuk Kurangi Penggunaannya

Jadi, tidak sepenuhnya melarang penggunaan gadget. Karena, menurut Mona Ratuliu, gadget juga bisa membuat anak berkembang jadi lebih baik.

"Kita kasih mereka berkembang dengan gadget, tetapi waktunya kita batasi, misalnya weekend. Memang kalau hari lain, anak-anak tidak punya waktu untuk gadget karena sudah sibuk dengan urusan sekolah dan kegiatan lain," lanjutnya.

Berangkat dari pengalamannya sebagai orangtua yang mendidik anak, Mona Ratuliu kemudian menulis buku. Judulnya ParenThink. Buku tersebut merupakan tata cara edukasi mendidik anak yang baik.

"Aku kan bikin buku pertama tuh tentang dasar-dasar pola asuh judulnya ParenThink. Nah, ketika kegiatan promo dan seminar diundang jadi pembicara," terangnya.

Menurut Mona Ratuliu, banyak orangtua yang bertanya tentang anak-anak dan gadget.

"Karena gadget kan buat orangtua barang baru, enggak sangka juga kalau gadget ini bisa jadi mainan yang enggak bisa lepas dari tangannya anak-anak seharian," ujar Mona Ratuliu.

Halaman
12
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved