PDIP Makin Yakin Sulut Basis Jokowi

Partai koalisi pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin

PDIP Makin Yakin Sulut Basis Jokowi
Tribun manado / Christian Wayongkere
Olly Dondokambey melantik Badan Pemenangan Pemilu PDIP Kota Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Partai koalisi pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin menargetkan menang 70-80 persen suara di Sulawesi Utara. Target itu bukan muluk-muluk. Ada 14 dari 15 kepala daerah di kabupaten dan kota adalah kubu Jokowi-Ma’ruf (lihat grafis).

Belum lagi ditambah Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang adalah bendahara PDIP, parpol pengusung kandidat petahana.

Bicara parpol pendukung, pasangan capres-cawapres nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya didukung Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKS, PAN Partai Berkarya (pendatang baru).

Sedangkan petahana diperkuat PDIP yang memenangkan Pemilu 2014 di Sulut, kemudian ada Golkar, Nasdem, PPP, PKB, Hanura, PKPI dan beberapa parpol baru.

Bila mengacu pada perolehan hasil Pilpres 2014, Prabowo-Hatta Rajasa peroleh 620.095 (46,12 persen) dan Jokowi-Jusuf Kalla raih 724.553 (53,88 persen) dari total suara sah 1.344.648.

Prabowo-Hatta ketika itu masih didukung Golkar, pemenang kedua setelah PDIP. Berbeda menghadapi Pilpres 2019. Golkar dan PPP telah alihkan dukungan.

Pengamat politik Taufik Tumbelaka menilai, kedatangan Sandiaga Uno di Sulut yang dikenal sebagai sarang Jokowi bertujuan menaikkan popularitas pasangan nomor 02 ini di Nyiur Melambai. Namun upaya itu bisa kontra produktif jika tidak diikuti strategi politik yang tepat.

"Tatap muka adalah langkah awal yang positif, tapi perlu ada langkah selanjutnya dengan perencanaan yang matang. Jika tidak, akan kontra produktif," katanya Tumbelaka, Senin (5/11/2018).

Taufik Tumbelaka
Taufik Tumbelaka (TRIBUN MANADO/RYO NOOR)

Menurut Taufik, posisi Jokowi di Sulut terlampau kuat. Hampir seluruh kepala daerah di Sulut mendukung Jokowi. "Tokoh-tokoh di daerah juga banyak yang mendukung Jokowi," kata dia.

Taufik menyarankan kubu Prabowo-Sandiaga di Sulut untuk menggalang isu nasional yang dipadankan dengan isu lokal. Sandiaga juga perlu menggandeng tokoh lokal yang berpengaruh.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved