RHK Selasa 6 November 2018

Mengakui Kesalahan dan Memohon Pengampunan

Setiap orang memiliki masa lalu dengan berbagai kisahnya. Pahit-manis, suka-duka, benar-salah dan sebagainya.

Mengakui Kesalahan dan Memohon Pengampunan
Netralnews.com
Alkitab 

Kejadian 50:16b-17

SETIAP orang memiliki masa lalu dengan berbagai kisahnya. Pahit-manis, suka-duka, benar-salah dan sebagainya. Kejadian masa lampau dapat saja mempengaruhi keharmonisan hidup apalagi bagi mereka yang pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Suatu akar pahit dari perjalanan hidup dimasa lampau dapat merusak persaudaraan dan kerukunan jika tidak disikapi dengan benar.

ilustrasi
ilustrasi ()

Sebelum Yakub meninggal, dia telah memberi pesan kepada anak-anaknya untuk mengakui semua kejahatan yang telah mereka lakukan dimasa lalu kepada Yusuf dan memo-honkan pengampunan atas kesalahan mereka itu. Yakub memerankan  tanggungjawabnya sebagai seorang ayah, kepala keluarga yang berusaha untuk memperdamaikan anak-anaknya. Saudara-saudara Yusuf menyuruh menyampaikan pesan itu kepada Yusuf. Ketika Yusuf mendengar pesan tentang permo-honan pengampunan akan kejahatan saudara-saudaranya, Yusuf sangat tersetuh hatinya. Bukannya ia marah malahan ia mena-ngis. Sikap ini menunjukan rasa persaudaraan yang kuat yang dimiliki Yusuf terhadap saudara-saudaranya. Sebab Yusuf takut dan setia kepada Tuhan.

Bagaimanakah dengan kehidupan kita? beranikah kita mengakui kesalahan dan kejahatan yang telah kita lakukan dan dengan berani memohon pengampunan akan kesalahan dan kejahatan kita kepada sesama?Dan bersediakah kita memberi pengampunan kepada mereka yang telah berbuat salah bahkan berbuat jahat kepada kita? Betapa indahnya hubungan keke-luargaan yang menyadari kesalahannya juga yang bersedia memberikan pengampuan. Kitapun diingatkan untuk menjadi orangtua yang bertanggungjawab mengutuhkan hubungan per-saudaraan dan menjadi kakak adik yang hidup berdampingan dengan kasih. Amin.

Doa:Ya Tuhan jika kami telah berbuat salah terhadap yang lain, mampukanlah kami menyadarinya dan memperbaikinya. Ajarilah kami untuk saling memaafkan satu dengan yang lain. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved