KNPI Bitung Gelar Musda ke-12, Gini Harapan Wali Kota

Era sekarang ini pemuda harus mengedepankan kemampuan otak daripada otot dalam mencapai tujuan organisasi.

KNPI Bitung Gelar Musda ke-12, Gini Harapan Wali Kota
TRIBUN MANADO/CHINTYA RANTUNG
Musyawarah Daerah (Musda) ke-XII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kota Bitung di Ruang Sidang lantai IV Kantor Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara, Rabu (31/10/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Era sekarang ini pemuda harus mengedepankan kemampuan otak daripada otot dalam mencapai tujuan organisasi.

"Sehingga mampu berkontribusi dalam mengisi pembangunan saat ini," kata Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban pada Musyawarah Daerah (Musda) ke-XII Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kota Bitung di Ruang Sidang lantai IV Kantor Wali Kota Bitung, Sulawesi Utara, Rabu (31/10/2018).

Lomban dalam sambutannya mengatakan era sekarang ini pemuda harus mengedepankan kemampuan otak daripada otot dalam mencapai tujuan organisasi sehingga mampu berkontribusi dalam mengisi pembangunan saat ini.

"Apa yang sudah diperjuangkan pendahulu-pendahulu kita mulai dari diikrarkannya sumpah pemuda serta bagaimana para pemuda terlibat dalam proses kemerdekaan bangsa serta berbagai perjuangan lainnya, harus menjadi motivasi bagi pemuda sekarang ini," sebutnya.

Negara Indonesia penganut paham demokrasi, lanjut Lomban, tapi demokrasi yang terkontrol bukan demokrasi tanpa aturan, sehingga selaku orang muda menurutnya harus menjalankan demokrasi sesuai aturan yang berlaku.

Menurut Lomban, tolak ukur untuk melihat sejauh mana penerapan demokrasi mampu dilakukan para pemuda dapat dilihat pada pergelaran pesta demokrasi yang akan dilaksanakan tahun depan di negara kita lewat pemilihan Presiden dan pemilihan legislatif.

"Pemilihan memang nanti akan dilaksanakan tahun 2019, namun saat ini prosesnya sudah jalan. Untuk itu, pemahaman tentang demokrasi sangat penting khususnya di KNPI karena organisasi kepemudaan ini sangat identik dengan politik," tambahnya.

Lanjutnya, tantangan yang harus dihadapi KNPI dalam mewujudkan demokrasi yang baik adalah keberadaan orang-orang di KNPI yang terdiri dari warna-warni politik yang berbeda-beda.

"Perbedaan yang ada di KNPI janganlah menjadi unsur perpecahan melainkan bagaimana perbedaan itu menjadi suatu kekuatan untuk bersatu mewujudkan demokrasi yang sehat dalam mengisi pembangunan saat ini," jelasnya.

Turut hadir Asisten I Setda Kota Bitung Oktavianus Tumundo, Kadispora kota Bitung, perwakilan KNPI Provinsi Sulut dan instansi terkait lainnya.(Tribunmanado.co.id/Chintya Rantung)

Penulis: Chintya Rantung
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved