Didasari PP Nomor 36 Tahun 2005, Pemkab Sitaro Ajukan Ranperda tentang Bangunan Gedung

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, melalui Bupati Evangelian Sasingen mengajukan Randperda tentang bangunan gedung ke DPRD.

Didasari PP Nomor 36 Tahun 2005, Pemkab Sitaro Ajukan Ranperda tentang Bangunan Gedung
TRIBUN MANADO/JHONLY KALETUANG
Evangelian Sasingen 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Didasari dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan pelaksanaan UU Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, melalui Bupati Evangelian Sasingen mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Randperda) tentang bangunan gedung ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Selasa (30/10/2018).

Bupati menjelaskan keberadaan sebuah bangunan gedung mempunyai peranan penting di setiap aspek kehidupan manusia dalam pembentukan watak, perwujudan produktivitas, dan jati diri manusia. Kata dia, penyelenggaraan bangunan gedung perlu diatur dan dibina demi kelangsungan dan peningkatan kehidupan serta penghidupan masyarakat.

"Ini juga guna mewujudkan bangunan gedung yang fungsional, andal, berjadi diri, serta seimbang, serasi dan selaras dengan lingkungannya," kata Sasingen.

Disamping itu Bupati menjelaskan maksud dan tujuan diajukannya Ranperda tersebut guna mewujudkan kepastian hukum penyelenggaraan bangunan gedung. Dia mengharapkan melalui perda ini kesadaran masyarakat akan pengurusan dokumen dan administrasi semakin meningkatkan.

"Mendirikan bangunan harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebab itu merupakan salah turunan dari perda bangunan gedung," tambah Sasingen.

Bupati menambahkan lagi, dalam pengajuan Ranperda ini terdiri atas 12 Bab dan 179 pasal yang didalamnya memuat ketentuan umum, fungsi dan klasifikasi bangunan gedung, persyaratan bangunan gedung, penyelengaraan, tim ahli, peran masyarakat, pembinaan, sanksi administratif, ketentuan pidana, dan ketentuan penyelidikan.

"Hal ini juga guna menciptakan tatanan tertentu, sehingga terciptanya ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan terlebih kepastian hukum," kunci mantan Ketua TP-PKK Sitaro dua periode.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan Rapar Paripurna tambahan penjelasan atau jawaban Kepala Daerah terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD tentang Ranperda Bangunan Gedung pukul 13.30 Wita.

(Tribunmanado.co.id/Jhonly Kaletuang)

Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved