Hari Ini Talaud Dua Kali Diguncang Gempa, Berkekuatan Magnitudo 4,8 dan 5,2

Gempa awal yang dirasakan warga Melonguane berkekuatan M 4,8 pada skala MMI II-III. Lindu ini berpusat di laut, sekitar 27 km barat daya Melonguane

Hari Ini Talaud Dua Kali Diguncang Gempa, Berkekuatan Magnitudo 4,8 dan 5,2
Seismograf menangkap suara getaran dari dalam bumi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Minggu (28/10/2018), sejak dini hari, Indonesia sudah disambangi gempa. Hingga artikel ini ditulis, tercatat sudah ada empat gempa yang terjadi di Indonesia menurut laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Gempa pertama hari ini dirasakan oleh warga Palu. Lindu bermagnitudo 3,2 itu terjadi pukul 00.01 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Pusat gempanya berada di darat, yaitu 20 kilometer (km) timur laut Palu dengan kedalaman 10 km. Guncangan gempa dirasakan dalam skala MMI II.

Gempa kedua terjadi tadi siang di Sumbawa. Skala MMI menunjukkan angka III untuk lindu berkekuatan M 3 tersebut.

Baca: Megadeth Lelang 2 Gitar untuk Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah

Baca: Bencana Sulteng, Total Korban Meninggal hingga 28 Oktober Capai 2.086 Jiwa

Guncangan yang dirasakan warga pukul 13.10 WIB itu berpusat di darat. Tepatnya 18 km barat laut Sumbawa Barat pada kedalaman 10 km.

Gempa ketiga dan keempat dirasakan oleh warga Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. Ya, area kepulauan paling ujung utara Indonesia ini diguncang gempa dua kali.

Gempa awal yang dirasakan warga Melonguane berkekuatan M 4,8 pada skala MMI II-III. Lindu ini berpusat di laut, sekitar 27 km barat daya Melonguane.

Guncangan tersebut dirasakan warga pukul 14.53 WIB. Selang 16 menit, tepatnya pukul 15.09 WIB, warga kembali merasakan gempa bumi.

Kali ini lindu berkekuatan M 5,2. Pusat gempanya kembali berada di laut, sekitar 13 km barat daya Kepulauan Talaud.

Keduanya memiliki hiposenter atau kedalaman 10 km.

Artikel di tribunmanado.co.id ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Hari Ini: M 4,8 dan M 5,2 Guncang Kepulauan Talaud"

Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved