Bawaslu Sulut Supervisi dan Monitor Penguatan Kapasitas dan Evalusasi Kinerja Bawaslu Sangihe

Awaluddin Umbola Komisioner Bawaslu Provinsi Selaku Koordinator Wilayah di Kepulauan Sangihe, melakukan supervisi dan monitoring

Bawaslu Sulut Supervisi dan Monitor Penguatan Kapasitas dan Evalusasi Kinerja Bawaslu Sangihe
Istimewa
Awaluddin Umbola Komisioner Bawaslu Provinsi Selaku Koordinator Wilayah di Kepulauan Sangihe, melakukan supervisi dan monitoring yang dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan Panwascam yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Kepuluan Sangihe 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TAHUNA - Awaluddin Umbola Komisioner Bawaslu Provinsi Selaku Koordinator Wilayah di Kepulauan Sangihe, melakukan supervisi dan monitoring yang dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan Panwascam yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Ewin menjelaskan, pengawasan kampanye soal ASN, dalam UU pemilu ASN jelas tidak bisa terlibat dalam kampanye, Apalagi Istri ASN dan suaminya caleg dan turut aktif kampanye menempel stiket dan hal lainnya yang bertentangan dengan netralitas.

Bisa dijadikan temuan oleh panwascam dan selanjutnya di rekomendasi ke KASN.

“Selama Caleg tidak melanggar ketetentuan larangan berkampanye maka tetap diberikan ruang untuk berkampanye dan tidak memperkarakan NKRI, UUD, Pancasila,” tandasnya.

Pemasangan APK untuk memenuhi estetika tidak menggunakan fasilitas negara, tempat umum, tempat ibadah, dan sekolah, tidak menyebarkan hoaks.

Awaluddin Umbola Komisioner Bawaslu Provinsi Selaku Koordinator Wilayah di Kepulauan Sangihe, melakukan supervisi dan monitoring
Awaluddin Umbola Komisioner Bawaslu Provinsi Selaku Koordinator Wilayah di Kepulauan Sangihe, melakukan supervisi dan monitoring (Istimewa)

Selanjutnya APK harus mangandung asas keadilan terhadap peserta pemilu harus diperhatikan. “Untuk itu perlu adanya kesepakatan bersama Bawaslu, KPU dan Pemda dalam pemasangan APK supaya tertib dan asas estetika,” tandasnya.

Pertemuan terbatas dan tatap muka sudah bisa dilakukan setelah 3 hari keluarnya DCT oleh keputusan KPU.

Titik pemasangan APK sudah di tentukan tetap perlu diawasi oleh Bawaslu karena itu potensi dipermasalahkan oleh caleg.

Lanjut Ewin, Terkait dengan SDM, memastikan Panwascam yang hanya numpang nama karena ada beberapa kabupaten/kota ternyata tidak bekerja tapi menerima gaji.

Sebagai pimpinan Bawaslu, memastikan jumlahnya harus memenuhi tupoksi sesuai anggaran bawaslu, terkait kemampuan Panwascam dan staf yang harus terus belajar.

Baca: Bawaslu Sulut Diskusi dengan Jurnalis Kota Kotamobagu

Sekretariat yang bertugas merekrut staf tidak melek teknologi, misalnya karena ada kelemahan Bawaslu belum punya aplikasi yang terintegrasi dengan baik, di mana Bawaslu hanya memperoleh data DCT PDF terbuka oleh KPU ketika di conver maka acak.

“Kendala teknis ditemukan dilapangan dapat disiasati,” tegasnya.

Tunjukan Bawaslu berintegritas kepada masyarakat sangihe. Dari sisi kesejahteraan banyak yang protes, pengelolaan administrasi yang buruk, risiko pengelolaan keuangan akan menjadi tanggung jawab sekretariat.

Semua kebijakan terkait kebutuhan berkegiatan yang ambil harus diputuskan secara bersama para pimpinan dan sekretariat menjaga konflik internal.

Sebagai penutup, Awaluddin Umbola yang akrab di sapa ewin sangat berterima kasih karna disambut dengan hangat oleh Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama sekretariat serta Panwascam.

“Ini kali Pertama melakukan supervisi ke Sangihe semenjak di tugaskan sebagai Korwil di Bawaslu Kepulauan Sangihe,” ucapnya.

Penulis: David_Kusuma
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved