Pemkot Bitung Serahkan Rp 1,6 Miliar untuk Lansia, Mahasiswa dan Penyandang Disabilitas Kurang Mampu

Rp 1,6 miliar dana bantuan sosial anggaran tahun 2018 diberikan kepada lansia, mahasiswa dan penyandang disabilitas yang kurang mampu

Pemkot Bitung Serahkan Rp 1,6 Miliar untuk Lansia, Mahasiswa dan Penyandang Disabilitas Kurang Mampu
Tribun manado / Chintya Rantung
Rp 1,6 miliar dana bantuan sosial anggaran tahun 2018 diberikan kepada lansia, mahasiswa dan penyandang disabilitas yang kurang mampu di 8 kecamatan se kota Bitung, Selasa (23/10) 

TRIBUNMANADO.CO.ID,BITUNG - Rp 1,6 miliar dana bantuan sosial anggaran tahun 2018 diberikan kepada lansia, mahasiswa dan penyandang disabilitas yang kurang mampu di 8 kecamatan se kota Bitung, Selasa (23/10).

Penyerahan bantuan diserahkan Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban. Di tiga tempat berbeda yaitu untuk kecamatan Aertembaga, Lembeh Utara dan Lembeh Selatan dilaksanakan di gedung Pelindo IV Cabang Bitung.

Untuk kecamatan Maesa dan Madidir digelar di Aula Kecamatan Wangurer sedangkan untuk Kecamatan Ranowulu, Giran dan Matuari difokuskan di Aula Kelurahan Girian Weru.

Lomban mengatakan, rincian jumlah bantuan yang disalurkan yakni, untuk kecamatan Matuari total Rp 221 juta dengan jumlah penerima 108 orang. Kecamatan Ranowulu total bantuan Rp 182 juta dengan jumlah penerima 87 orang.

Kecamatan Girian total bantuan Rp 203,5 juta dengan jumlah penerima 98 orang, kecamatan Lembeh Selatan total bantuan Rp 100 juta jumlah penerima 47 orang. Kecamatan Aertembaga total Rp 255 juta jumlah penerima 120 orang.

Baca: 151 Penduduk Tanpa Dokumen Kewarganegaraan di Bitung Diverifikasi Kemenkumham Sulut

Kecamatan Lemeh Utara total bantuan Rp 253 juta untuk penerima 120 orang, kecamatan Madidir total bantuan Rp 187 juta dengan jumlah penerima 88 orang sedangkan
kecamatan Maesa total bantuan Rp 280 juta dengan jumlah penerima 135 orang.

Dikatakannya, untuk seleksi bagi penerima bantuan, ditentukan tim yang telah terbentuk di bawah pimpinan Kadis Sosial kota Bitung.

"Seleksi sangat penting dilakukan mengingat keterbatasan dana yang ada, untuk itu telah dipilih dengan skala prioritas bagi yang akan menerima bantuan ini.

Berbagai proses telah dilakukan semaksimal mungkin oleh tim yang dibentuk untuk melakukan observasi langsung agar bantuan ini tepat sasaran dan tidak ada unsur nepotismenya.

“Untuk mengcover semua penerima bantuan yang ada di kota Bitung diperkirakan dana yang dibutuhkan sebesar 5 miliar, untuk itulah perlu adanya seleksi,” katanya.

Dijelaskannya, untuk teknis penyerahan bantuan harus dilaksanakan secara non tunai.

Baca: Kisah Kaum LGBT Penyandang Disabilitas, Dipersekusi, Ingin Bunuh Diri, Kini Bangkit Mau Jadi Penulis

Sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga para penerima bantuan harus mengambil dana tersebut melalui bank yang telah ditetapkan Pemkot Bitung.

“Sesuai aturan memang bantuan yang disalurkan harus non-tunai, dana bantuan sudah ditransfer dari Pemkot Bitung ke bank, disarankan agar penerima harus memiliki nomor rekening bank yang ditetapkan untuk mengambil dana tersebut yang sama sekali tidak mengalami potongan,” jelasnya.

Penulis: Chintya Rantung
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved