Honda Produksi Lima Jutaan Sepeda Motor Setiap detik

PT Astra Honda Motor (AHM), menjelma jadi produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. Produksinya mencapai 5 jutaan unit setiap tahun.

Honda Produksi Lima Jutaan Sepeda Motor Setiap detik
TRIBUN MANADO/FERNANDO LUMOWA
Motor-motor lawas Honda seperti Astrea Grand Impressa, Supra Fit dan Supra X dipamerkan di lobi Plant III AHM Cikarang, Bekasi, Jabar. 

TRIBUNMANADO.CO.ID- PT Astra Honda Motor (AHM), menjelma jadi produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. Produksinya mencapai 5 jutaan unit setiap tahun.

Dengan empat pabrik yang terletak antara lain di Sunter, Pegangsaan, Cikarang dan Bekasi. Plant Cikarang yang terbesar jika dilihat dari angka produksi rata-rata 2, 2 juta unit tiap tahun. Nyaris separuh dari total rata-rata produksi AHM.

Tribun Manado beruntung bisa melihat dari dekat seperti apa proses pembuatan sepeda motor Honda di Plant IIIA Cikarang. Plant IIIA Cikarang salah satu bagian dalam kompleks Plant Cikarang di Kawasan Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jabar.

Pabrik yang khusus memproduksi Honda BeAT, pemimpin pasar matik nasional. Di sini, BeAT diproduksi dari nol. Mulai dari komponen-komponen terkecil, bahan mentah sampai jadi motor utuh.Berdiri di lahan 30 hektare, luas pabriknya keseluruhan 10, 6 hektare. Lobi utamanya dijaga sekuriti yang bersafari. Karyawan maupun tetamu wajib melewati alat pemindai logam.

Handphone, kamera wajib ditunjukkan kepada sekuriti. Khusus karyawan wajib menunjukkan ID ard dan berkostum kerja. Lobi Plant III Cikarang yang diresmikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 30 September 2005 itu keren. Suasananya adem dan nyaman.

Cinderamata yang ditinggalkan mereka yang pernah datang dipajang di sana. Miniatur gajah Sumatera, replika sepeda motor, kain khas daerah dipamerkan jadi penghias.

Sisi kanan lobi paling menarik. AHM memajang motor-motor yang menjadi simbol kejayaan Honda di dunia otomotif roda dua Tanah Air. Semuanya tipe bebek (cub).

Pertama ada Honda Astrea Impressa yang diproduksi pertama kali pada November 1996. Motor bebek ini mencapai 5 juta unit. Kemudian, Supra Fit yang lahir pada September 2005 dengan penjualan mencapai 15 juta unit.

Ada juga bebek Astrea Supra X dengan pencapaian 7 juta unit. Mesin Supra X 125 turut dipajang. Blok mesin 125 CC berwarna emas dalam bingkai kaca. Menarik perhatian karena posisinya lebih tinggi dari motor-motor tadi. Ada juga contoh karya Honda Scoopy, Vario dan BeAT.

Sebelum plant tour, kami--jurnalis dari berbagai daerah di Nusantara--mendapat 'briefing' singkat. Selain pemaparan company profilnya AHM, ada sesi wajib terkait keselamatan dan keamanan. (ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved