Teknologi

Posisi Router Mempengaruhi Wifi Anda, Begini Cara Pasangnya Agar Sinyal Semakin Kencang

Posisi pelatakan perangkat router di dalam rumah atau gedung sangat menentukan kecepatan sinyal jaringan Internet.

Posisi Router Mempengaruhi Wifi Anda, Begini Cara Pasangnya Agar Sinyal Semakin Kencang
www.cnet.com

TRIBUNMANADO.CO.ID - Router berfungsi untuk memancarkan sinyal Wifi kepada pengguna. Anda pun harus memilih router yang sesuai dengan luas rumah Anda karena setiap router memiliki fungsi dan ukuran yang berbeda.

Posisi pelatakan perangkat router di dalam rumah atau gedung sangat menentukan kecepatan sinyal jaringan Internet. Posisi router yang tidak tepat akan mempengaruhi kekuatan sinyal Wifi itu sendiri.

Bagi Anda pemilik Apartemen atau rumah dengan luas dibawah 1500 kaki persegi atau 140 meter persegi maka cukup dengan satu titik akses nirkabel. 

Namun jika router Anda telah berumur beberapa tahun, Anda harus memperbarui ke model baru dengan dukungan 802.11 dan dua-band nirkabel.

Berikut beberapa tips untuk memilih dan meletakan Router yang benar supaya jaringan Wifi Anda bisa "ngebut" seperti dikutip CNET.

Jangan Taruh di Sudut Rumah

Janganlah, meletakan router di sudut-sudut rumah karena router mengirim sinyal ke segala arah. Jika Anda memasangnya di sudut rumah maka sinyal lebih banyak berada di luar rumah.

Karena itu, letakanlah router ke lokasi pusat untuk mengoptimalkan sinyal dan pasanglah router setinggi mungkin untuk memaksimalkan cakupan karena pola penyebaran sinyal cenderung vertikal.

Anda bisa menempatkan router di atas rak buku ataupun dinding rumah yang tidak mencolok.

Jauhkan dari Alat Elektronik

Halaman
12
Editor: Hans Koswara Widjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved