Terbongkar! Praktik Turis Murah dari Tiongkok di Bali Bakal Diberantas Pemerintah hingga ke Akar

Modusnya ialah warga Tiongkok yang hendak ke Bali ditawari paket wisata dengan harga murah (seakan disubsidi) oleh travel agent Tiongkok.

Terbongkar! Praktik Turis Murah dari Tiongkok di Bali Bakal Diberantas Pemerintah hingga ke Akar
Tribun Bali/Wemasatya
Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama (kiri), Wakil Gubernur Bali, Cok Ace bersama rombongan melakukan sidak di toko milik warga Tiongkok di Jalan By Pass Ngurah Rai, Badung, Kamis (18/10/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Terbongkar! Praktik Turis Murah dari Tiongkok di Bali Bakal Diberantas Pemerintah hingga ke Akar

Terungkapnya ‘permainan’ toko-toko souvenir di Bali milik warga Tiongkok yang merugikan pariwisata di sini, membuat Ketua DPRD Provinsi Bali, Nyoman Adi Wiryatama ikut angkat bicara. 

Adi Wiryatama mengatakan, DPRD akan segera memanggil seluruh instansi terkait, antara lain kepolisian, imigrasi, dan lembaga-lembaga lainnya untuk mengusut kasus ‘permainan` itu secara tuntas.

“Kami ingin agar diberantas praktik semacam ini sampai ke akar–akarnya,” tegas Wiryatama saat dihubungi pada Jumat (19/10/2018).

Wiryatama memastikan DPRD Bali segera mengambil tindakan dan meminta agar mafia Tiongkok yang bermain merusak citra pariwisata Bali diberantas sampai akar-akarnya.

Sebab, menurutnya, mereka telah melakukan aktivitas jahat di Bali, merusak citra Bali, sehingga Bali hanya dapat sampahnya.

“Ini tidak boleh terjadi. Apa gunanya itu turis-turis Tiongkok banyak buang-buang sampah, dan Bali dapat sampah saja. Jika makin lama terjadi, makin rusak Bali ini,” ucapnya.

Nantinya, kata dia, mesti dipanggil juga Konsul Tiongkok di Bali, untuk membantu memberantas praktik seperti ini.

Wakil Gubernur Bali, Cok Ace bersama rombongan melakukan sidak di toko milik warga Tiongkok di Jalan By Pass Ngurah Rai, Badung, Kamis (18/10/2018).
Wakil Gubernur Bali, Cok Ace bersama rombongan melakukan sidak di toko milik warga Tiongkok di Jalan By Pass Ngurah Rai, Badung, Kamis (18/10/2018). (Tribun Bali/Wemasatya)

Seperti diketahui, dalam kunjungan diam-diam pada Kamis (18/10/2018) lalu, Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menemukan toko-toko milik warga Tiongkok di Bali yang melakukan terlibat dalam `mafia` penjualan murah pariwisata Bali.

Secara garis besar, modusnya ialah warga Tiongkok yang hendak ke Bali ditawari paket wisata dengan harga murah (seakan disubsidi) oleh travel agent Tiongkok. 

Halaman
123
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved