BMKG Beber Potensi Gempa dan Tsunami di Sulut, Karinda Ajak FKDM Manado Lawan Provokator

Sosialisasi dan pemantapan program terus dilakukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado.

BMKG Beber Potensi Gempa dan Tsunami di Sulut, Karinda Ajak FKDM Manado Lawan Provokator
istimewa
James Karinda SH MH, Ketua FKDM Kota Manado saat memberikan materi di Hotel Griya Sintesa Peninsula, Kamis (18/10/2018) 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID – Sosialisasi dan pemantapan program terus dilakukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado. Sebelumnya sosialisasi dan penjabaran program ini diadakan di wilayah Kecamatan Malalayang dan Kecamatan Sario.

Selanjutnya, Kamis (18/10/2018), diadakan sosialisasi khusus untuk Kecamatan Wanea dan Kecamatan Wenang dengan lokasi pelaksanaan di Hotel Griya Sintesa Peninsula.

Sosialisasi program dan tugas serta fungsi FKDM se-Kecamatan Wenang dan Wanea di Hotel Griya Sintesa Peninsula, Kamis (18/10/2018)
Sosialisasi program dan tugas serta fungsi FKDM se-Kecamatan Wenang dan Wanea di Hotel Griya Sintesa Peninsula, Kamis (18/10/2018) (istimewa)

Acara sosialisasi dan pemaparan program FKDM ini dibuka oleh Wali Kota Manado, Dr Ir GS Vicky Lumentut diwakili Asisten I Pemkot Manado Mikler Lakat SH.

Seusai membuka acara, Lakat membawakan materi yang intinya menjelaskan keberadaan Kota Manado baik secara geografis, penduduk yang mendiami, agama yang dianut dan kearifan local lainnya di Kota Manado. ‘’Jadi Kota Manado adalah rumah kita bersama, mari kita jaga bersama, ini yang perlu dipahami para pengurus FKDM Manado,”katanya.

Materi BMKG di acara FKDM Kota Manado
Materi BMKG di acara FKDM Kota Manado (istimewa)

Materi selanjutnya diutarakan oleh Wakil Ketua FKDM Kota Manado, Janeman Nelwan. Pria yang dikenal sebagai staf khusus Wali Kota Manado ini menjelaskan tugas dan fungsi FKDM. ‘’Bicara radikalisme misalnya. Jangan berpikir skop nasional dulu. Kita cermati di lingkungan, bahkan keluarga kita, ‘’ ujar Mance sapaan akrabnya.

Sementara itu, Pdt Nouvly Pua MTh memaparkan tentang FKDM berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018. ‘’Di situ jelas, tugas kita mendeteksi dini, mencegah dini dan menangkal dini akan kerawanan ataupun bencana di sekitar kita.

Nouvly juga menjelaskan bahwa FKDM ini ada di tingkat provinsi dengan gubernur sebagai Pembina, di kota dan kabupaten dengan wali kota dan bupati sebagai pembina. Kemudian berlanjut hingga tingkat kecamatan dengan camat sebagai pembina.

Sosialisasi program dan tugas serta fungsi FKDM se-Kecamatan Wenang dan Wanea di Hotel Griya Sintesa Peninsula, Kamis (18/10/2018)
Sosialisasi program dan tugas serta fungsi FKDM se-Kecamatan Wenang dan Wanea di Hotel Griya Sintesa Peninsula, Kamis (18/10/2018) (istimewa)

Sedangkan Edward Mengko dari BMKG menjelaskan tentang  adanya ancaman gempa dan tsunami di Sulut. ‘’Kalau saya menjelaskan ini bukan untuk menakut-nakuti. Tapi, supaya kita paham cara menyelamatkan diri dan mengetahui tanda-tanda sebelum terjadi gempa dan tsunami.

Dia juga menjelaskan, banyak sekali berita hoax terkait informasi tentang bencana yang mengklaim diinformasikan oleh BMKG. ‘’Semua harus tahu bahwa kita bisa memprediksi akan terjadi bencana. Tetapi kapan tepatnya tidak ada yang bisa memastikan, termasuk BMKG, ‘’ ujarnya.

Sosialisasi program dan tugas serta fungsi FKDM
Sosialisasi program dan tugas serta fungsi FKDM (istimewa)

Saat Edward Mengko dari BMKG memaparkan materi tentang ancaman gempa bumi dan tsunami, peserta terdiam dan menyimak lebih dalam. ‘’Daerah kita (Sulut) memang termasuk yang rawan gempa maupun tsunami. Tapi kadar kerawanannya masih di Palu, ‘’ ujarnya sambil menunjukkan peta daerah rawan bencana gempa dan tsunami di Indonesia.

Edward pun meminta semua peserta untuk mendoanload materi yang dia paparkan dan informasi-informasi BMKG melalui playstore.

 “FKDM Kota Manado diharapkan berperan penting dalam melakukan sosialisasi ancaman gempa dan bagaimana menghindari gempa. Jadi sirene gempa di Sulut, hanya ada dua unit. Yang satu berada di Kantor BPBD, Jalan Bethesda Manado dan satunya berada di kota Bitung, dengan kekuatan hanya satu kilometer,” ujar Mengko.

Fauzia Stella Pakaya
Fauzia Stella Pakaya (istimewa)


Terakhir sebelum menutup kegiatan, Ketua FKDM Kota Manado James Karinda SH, MH, mengingatkan untuk tidak mudah terprovokasi terkait situasi dan kondisi di daerah ini. Dia mengingatkan masyarakat yang terlalu reaktif dengan segala informasi tanpa mengecek akan kebenarannya akan sangat berbahaya.

“Jangan mudah terpancing issu hoax, dan itulah tugas FKDM. Intinya, kita kerja dan cari uang untuk keluarga. Mari kita jaga diri kita dan daerah kita agar terhindar dari ulah provokator. Sebab, hidup dengan penuh kebencian jauh dari berkat Tuhan,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Sulut ini.

Para pengurus FKDM lainnya yang hadir antara lain, Aswin Lumintang selaku moderator, Noldy Gerung, Ernest, Ferdinand Didi Kairupan dan Fauzia Stella Pakaya yang menutup acara dengan doa.

Peserta sosialisasi program FKDM se-Kecamatan Wenang dan Wanea
Peserta sosialisasi program FKDM se-Kecamatan Wenang dan Wanea (istimewa)
Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved