Vicky Lumentut Tegaskan Manado Rumah Bersama, Jaga Kerukunan dan Jangan Mudah Terprovokasi

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengimbau masyarakat agar menjaga kerukunan dan kedamaian di Kota Manado

Vicky Lumentut Tegaskan Manado Rumah Bersama, Jaga Kerukunan dan Jangan Mudah Terprovokasi
Istimewa
Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengimbau masyarakat agar menjaga kerukunan dan kedamaian di Kota Manado. Jangan mudah tersulut dengan berbagai berita hoaks yang sifatnya provokatif serta memecah-belah keharmonisan dan semangat toleransi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengimbau masyarakat agar menjaga kerukunan dan kedamaian di Kota Manado.

Jangan mudah tersulut dengan berbagai berita hoaks yang sifatnya provokatif serta memecah-belah keharmonisan dan semangat toleransi.

Apalagi selama ini Kota Manado telah dikenal sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Hal ini bukan hanya slogan semata, tetapi merupakan ciri khas warga Kota Manado yang cinta damai dan menjunjung tinggi kerukunan dalam perbedaan suku, agama, ras dan antar-golongan.

"Masyarakat tidak boleh terpecah-belah hanya karena oknum-oknum tertentu. Mari kita jaga Kota Manado supaya tetap aman dan kondusif. Kerukunan yang tercipta selama ini merupakan jati diri kita orang Manado, jangan sampai rusak karena hanya karena emosi sesaat, tanpa berpikir jauh ke depan," ujarnya, Selasa (16/10).

Ia menyampaikan ini usai melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Manado.

Vicky berterima kasih kepada aparat keamanan kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia yang cepat mengambil langkah representatif terhadap gangguan keamanan yang terjadi di wilayah Kota Manado.

"Terima kasih kepada aparat keamanan kita, yang secara cepat meredam berbagai aksi yang dapat memicu terjadinya intoleran di Kota Manado," ungkap orang nomor satu di Manado itu.

Vicky meminta aparat Pemerintah Kota Manado sampai camat, lurah dan kepala lingkungan atau pala untuk menciptakan suasana yang aman rukun dan damai di tengah masyarakat.

"Sebagai pemerintah harus proaktif menyampaikan kepada masyarakat agar menjaga Kota Manado ini tetap aman, rukun dan damai. Ingatkan kepada masyarakat, pupuk rasa cinta terhadap Kota Manado, jaga kerukunan, jangan mudah terprovokasi dengan melakukan hal-hal yang dapat memecah belah kerukunan di kota tercinta ini," ucapnya.

Vicky juga mengajak pengurus Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama, Forum Kerukunan Umat Beragama serta tokoh agama di kota Manado agar ikut berperan memberikan pengertian kepada umat beragama tentang semangat toleransi yang terjaga selama ini.

"Saya mengajak juga para tokoh agama dan pengurus BKSAUA dan FKUB untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing dengan berbagai aksi yang mengganggu kehidupan kebersamaan kita di rumah besar Kota Manado ini. Sekali lagi, Manado adalah rumah kita, Manado kota toleran. Manado adalah kota yang rukun bagi kita semua, karena damai itu indah dan aman itu mahal," jelasnya. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved