Bank BTPN Bantu Personel Polri

Salah satu intansi yang memberikan pembekalan dalam pelatihan keterampilan bagi personel Polri di jajaran Polda Sulut yang akan pensiun adalah

Bank BTPN Bantu Personel Polri

Laporan Wartawan Tribun Manado Nielton Durado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Salah satu intansi yang memberikan pembekalan dalam pelatihan keterampilan bagi personel Polri di jajaran Polda Sulut yang akan pensiun adalah Bank BTPN.

Menurut Kepala Wilayah Regional BTPN Indonesia Bagian Timur Odik Purnama, kegiatan ini rutin dilaksanakan sejak Juni 2016.

“Kita ada kesepahaman dengan polri, dimana kita memberikan pembekalan-pembekalan atau keterampilan,” jelas dia ketika dihubungi Tribunmanado.co.id, Selasa (16/10/2018).

Pada pembekalan ini katanya, pihaknya akan mengubah pola pikir personel calon purna bhakti, menjadi seorang wira usaha nantinya.

“Sehingga ketika masuk masa purna bhakti nanti ada usaha lain lagi yang produktif, siap pensiun bahagia,” katanya.

SIAP itu sendiri berasal dari singkatan Sehat, Ikhlas, Aktifitas bertambah dan Produktif. Sehingga begitu pensiun bukan akhir segalanya, tapi fase kedua untuk berproduktif di dalam kegiatan yang lain.

Pihaknya juga siap melakukan pendanaan bagi personel yang akan pensiun lewat program-program yang disajikan.

BTPN memiliki program yang disebut Daya, yaitu program pemberdayaan untuk mendukung para nasabah agar dapat tetap hidup sehat jiwa dan raga, program pelatihan untuk menjadi wiraswasta, menumbuhkan dan mengelola usaha dengan baik.

“Jadi kita memberikan pinjaman dana tanpa mengasur selama dua tahun, jadi selama 2 tahun yang bersangkutan tidak diwajibkan melakukan angsuran pinjaman terhadap pendanaan yang kita berikan. Harapannya nanti ketika usaha ini sudah berjalan baik, barulah dilakukan penyetoran,” ujarnya.

Secara nasional, BTPN sudah melakukan kegiatan pelatihan keterampilan sebanyak 130 kali dengan jumlah peserta kurang lebih 20 ribu personil Polri.

Dengan pelatihan ini BTPN berharap akan muncul usahawan-usahawan baru. Dari hasil pantauan BTPN, dengan adanya pelatihan, saat ini sudah 20 persen yang sudah memiliki usaha baru saat pensiun. (nie)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved