Terlalu Banyak Tidur Bisa Ancam Kesehatan, Berbagai Penyakit Akan Menyerang

Mengingat pentingnya tidur, sebagian dari kita bertanya-tanya apakah kita terlalu banyak tidur?

Terlalu Banyak Tidur Bisa Ancam Kesehatan, Berbagai Penyakit Akan Menyerang
Ilustrasi tidur 

TRIBUNMANADO.CO.ID -- Mengingat pentingnya tidur, sebagian dari kita bertanya-tanya apakah kita terlalu banyak tidur? Apakah itu memengaruhi kesehatan kita?

Kebanyakan orang dewasa yang berusia 18 hingga 64 tahun harus mendapatkan waktu tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam.

Tentu, banyak orang bisa melebihi rentang ini disebabkan karena berbagai hal, seperti jet lag atau minggu yang sangat sibuk.

Baca: Sosialita Thailand ini Sumbangkan ASI 15 Lemari Es, Para Dokter pun Mengkritik

Secara teratur tidur selama berjam-jam, sulit beranjak dari kasur dan mengalami sakit kepala sepanjang hari dianggap sebagai gejala hipersomnia yang mungkin terjadi yaitu kebalikan dari insomnia.

Beberapa penelitian menemukan hubungan antara terlalu banyak tidur dan penambahan berat badan, yang lebih merupakan jalan dua arah daripada sebab dan akibat.

"Yang kami tahu adalah karena orang-orang menjadi lebih gemuk, mereka cenderung tidur panjang," kata Dra. Michael Irwin, seorang profesor di University of California, Los Angeles.

"Dan jika kamu tidur panjang, kamu lebih mungkin menjadi gemuk."

Dengan cara yang sama, tidur panjang juga dikaitkan dengan masalah medis seperti diabetes, penyakit jantung, depresi, dan stroke.

Menghabiskan waktu berlebih dalam posisi horizontal, terutama jika kasur tidak dalam kondisi baik, bisa juga menyebabkan nyeri punggung.

Baca: Gara-gara Cangkang Biji Melon Dibuang di Danau, Perkelahian Meletus

Sakit kepala juga bisa dipicu oleh tidur berlebihan, seperti dicatat oleh American Migraine Foundation.

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved