Nursin Beberkan Realisasi Fisik Pamsimas Capai Angka 70 Persen

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tedi Manika, melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Nursin Karim, membeberkan

Nursin Beberkan Realisasi Fisik Pamsimas Capai Angka 70 Persen
Foto realisasi fisik program Pamsimas tahun 2017 di Desa Tobayagan Selatan Kecamatan Pinolosian Tengah 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tedi Manika, melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Nursin Karim, membeberkan realisasi fisik pelayanan program pengadaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) sudah mencapai angka 70 persen.

“Jadi sebanyak 15 desa menjadi sasaran program ini dan kami targetkan sebelum akhir tahun semua kegiatan sudah selesai,” beber Nusrin, Minggu (15/10) di sela-sela aktivitas kerjannya.

Kata dia untuk pembiayaan Pamsimas di 15 desa tersebut sumber anggarannya berfariasi, 12 dintaranya dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui BLM dan sisanya dibiayai dana sharing Aanggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Desa yang dibiayai oleh APBD Pemkab Bolsel diantaranya Desa Botuliodu, Torosik, dan Matandoi,” jelasnya.

Untuk jumlah total dana BLM sebesar Rp 2,9 miliar untuk 12 desa, sedangkan yang bersumber dari APBD sebesar Rp 900 juta.

“jadi untuk nominal anggaran per desa tidak sama semua disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan jumlah penerima manfaat,” jelasnya.

Disisi lain pihaknya juga terus memaksimalkan sosialisasi manfaat Pamsimas di desa lain yang menjadi sasaran program yang sama pada tahun 2019 mendatang.

“Target pelaksanaan sosialisasi itu ada 20 desa tapi kita akan lihat desa yang mana paling siap melalui proposal yang sudah dimasukan. Mengingat setiap tahun daerah hanya mendapat jatah 15 desa,” ungkapnya.

Setelah diverifikasi ada 17 tahapan yang harus dipenuhi oleh desa agar program bermanfaat ini segera terealisasi.

Halaman
12
Penulis: Felix Tendeken
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved