Fintech dan Edu Tech Bisa Jadi Unicorn

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara membeberkan tiga jenis perusahaan perintis (start up)

Fintech dan Edu Tech Bisa Jadi Unicorn
antara
Menkominfo Rudiantara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, DENPASAR - Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara membeberkan tiga jenis perusahaan perintis (start up) yang berpeluang menjadi unicorn di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Unicorn adalah sebutan bagi start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dollar AS.

Hal itu disampaikan Rudiantara usai memberikan pemaparan terkait posisi pemerintah dalam dunia start up di Indonesia pada `NextICorn International Convention - Digital Paradise Weekend' di Stones Hotel, Kuta, Bali. Menurut Rudiantara, jenis start up pertama yang akan menjadi Unicorn adalah start up berbasis teknologi pendidikan atau edu-tech.

Itu karena APBN Indonesia masih memiliki porsi yang besar untuk bidang pendidikan. "Karena APBN kita itu berdasarkan Undang-

Undang Dasar, 20 persen itu harus digelontorkan untuk pendidikan. Tahun ini saja Rp 400 triliun lebih digelontorkan untuk pendidikan.

Tahun depan pasti masih lebih lagi. Itu kan kalau dapat satu atau dua persen saja sudah 10 triliun, kalau dua persen? Jadi akan besar," kata Rudiantara.

Jenis start up kedua yang berpeluang menjadi unicorn adalah yang berbasis teknologi kesehatan atau health-tech. "Karena berdasarkan undang-undang dasar kita 5 persen kita harus dialokasikan ke kesehatan.

Lagi-lagi, 5 persen itu sekira Rp 100 triliun lebih dibelanjakan. Kalau satu persennya saja sudah angka yang luar biasa besar," kata Rudiantara.

Jenis start up ketiga adalah yang berbasis teknologi finansial atau fin-tech. "Fin-tech itu traksinya lagi tinggi. Investor senang dengan perusahaan yang traksinya tinggi. Artinya tiba-tiba marketnya naik," kata Rudiantara.

Hingga saat ini ada empat start up di Indonesia yang telah menjadi Unicorn, antara lain Go-Jek, BukaLapak, Tokopedia, dan Traveloka.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved