Dispendik Bolsel Siap Seleksi Guru Honorer

Setelah melalui tahap pendaftaran sebagai guru honor, rencanannya pekan depan Dispendik di Bolsel, Sulawesi Utara, akan menggelar tahapan seleksi.

Dispendik Bolsel Siap Seleksi Guru Honorer
TRIBUN MANADO/FELIX TENDEKEN
Tenaga honorer gelombang pertama beberapa waktu lalu saat mengikuti ujian seleksi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Setelah melalui tahap pendaftaran sebagai guru honor, rencananya pekan depan Dinas Pendidikan (Dispendik) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, akan menggelar tahapan seleksi.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dispendik Rikson Paputungan, Minggu (15/10/2018), tercatat jumlah pendaftar setelah dibuka pada September sampai awal Oktober 2018 sudah sekira 80-an orang yang terdaftar.

“Mereka harus siap ditempatkan dimana saja diseluruh wilayah Bolsel, khususnya di daerah terpencil seperti Pinolosian Tengah dan Timur,” jelasnya.

Untuk seleksi nanti kata dia, seperti sebelumnya melalui proses ujian yang akan diawasi oleh pengawas Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Mereka akan menunjukan dan mempraktikkan cara mengajar sesuai jurusan dan bidang masing-masing,” jelasnya.

Kata dia, yang menjadi penilaian inti pada seleksi ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mulai dari pendahuluan hingga penjabaran materi didepan tim seleksi.

“Kita mau lihat apakah guru menguasai materi atau tidak,” jelasnya.

Selain itu, dalam penutup para guru harus mampu memberikan kesimpulan.

Jika satu diantara kriteria tidak masuk dalam cara mengajar, maka kompetensi guru tersebut dinilai kurang.

“Harus menampilkan yang terbaik,” jelasnya.

Untuk gaji sendiri kata dia tidak semua tempat sama, yang paling tinggi itu di Dayow, Iligon, dan Modisi karena berada di tempat terpencil dan tidak terjangkau jaringan seluler.

“Sebenarnya ada pengangkatan CPNS tapi sayangnya kuota yang diberikan masih kurang dari apa yang kita butuhkan,” ujarnya. (Tribun manado/Felix Tendeken)

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved