Review Bursa Saham: Sepekan Naik Meski Fluktuatif

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terangkat ke zona hijau pada akhir pekan ini. Jumat (12/10), IHSG ditutup naik 0,94%

Review Bursa Saham: Sepekan Naik Meski Fluktuatif
kontan
Ilustrasi saham 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terangkat ke zona hijau pada akhir pekan ini. Jumat (12/10), IHSG ditutup naik 0,94% menuju level 5.756,49.

Walau selama seminggu ini indeks saham bergerak fluktuatif, IHSG masih tercatat menguat 0,43%. Namun dalam sepekan, investor asing mencatatkan penjualan bersih dengan total Rp 4,16 triliun.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji mengungkapkan, IHSG bisa bergerak positif sepekan belakangan lantaran pelaku pasar mulai merespons positif kondisi ekonomi dalam negeri. Ini membuat pergerakan indeks saham relatif menguat meski kurs rupiah menyentuh level Rp 15.200 per dollar Amerika Serikat.

Selain itu, penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meetings di Bali yang berlangsung kondusif turut memberikan sentimen positif. terhadap bursa saham. "Hal tersebut memberikan efek positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam negeri," ujar Nafan, kemarin.

Valdy Kurniawan, analis Phintraco Sekuritas, menambahkan, IHSG bergerak fluktuatif di area support 5.700 dan resistance 5.800, dipengaruhi data tenaga kerja AS yang positif. Tingkat pengangguran AS turun ke level 3,7%. "Ini pula yang memperkuat spekulasi kenaikan Fed fund rate di Desember nanti," tutur dia.

Valdy memprediksi, IHSG saat ini mencoba technical rebound ke 5.800-5.900 dengan support di kisaran 5.700. Sedangkan Nafan, melihat adanya pola bullish harami candlestick pattern pada weekly chart, yang mengindikasikan pekan depan IHSG akan menguat dengan rentang pergerakan antara level 5.620 hingga 5.900.

Hitung uang rupiah
Hitung uang rupiah (kontan)

Review Rupiah
Masih Stagnan di Level 15.000

Akhirnya rupiah dapat sumringah setelah berhasil menguat di akhir pekan ini. Kemarin (12/10), rupiah pada pasar spot berhasil menguat 0,25% menjadi Rp 15.197 per dollar Amerika Serikat.

Namun, dalam sepekan, mata uang Garuda ini masih mencetak pelemahan 0,09%.

Sejalan, rupiah pada kurs tengah Bank Indonesia pun menanjak 0,39% ke posisi Rp 15.194 per dollar AS. Dalam sepekan pun, rupiah masih terdepresiasi 0,08%. Memang sepanjang pekan ini, rupiah terus digoyang oleh sentimen eksternal.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved