Penyaluran KUR Capai 70%: Bank Menambah Kuota Jatah Pemerintah

Bank penyalur kredit usaha rakyat (KUR) hampir mampu mencapai target penyaluran pemerintah. Ambil contoh Bank

Penyaluran KUR Capai 70%: Bank Menambah Kuota Jatah Pemerintah
kompas.com
Suasana pelayanan di loket BRI 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Bank penyalur kredit usaha rakyat (KUR) hampir mampu mencapai target penyaluran pemerintah. Ambil contoh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah yang sudah penyaluran KUR baik mikro maupun kecil hampir mencapai 100%.

Sekretaris Perusahaan BRI Syariah Indri Tri Handayani mengatakan, BRI Syariah mendapatkan kuota penyaluran KUR sebesar Rp 550 miliar sepanjang 2018. Kuota tersebut terdiri dari KUR Mikro sebesar
Rp 450 miliar dan KUR kecil sebesar Rp 100 miliar.

"Di KUR Mikro sampai September 2018, penyalurannya sudah 99,9% dari kuota diberikan kepada 20.000 nasabah. Dari sisi sektor ekonomi sebanyak 54,2% ke sektor produksi dan 45,8% ke sektor non produksi," ujar Indri, Rabu (10/10).

Untuk KUR kecil hingga September 2018, BRI Syariah sudah menyalurkan sebanyak 99,4% dari kuota yang diberikan pemerintah.

BRI Syariah mendistribusikan 57,2% KUR kecil ke sektor produksi. Sisanya disalurkan ke sektor non produksi. Adapun jumlah debitur KUR kecil sebanyak 9.000 debitur.

Dari segi kualitas pembiayaan, rasio pembiayaan bermasalah atau non performing financing (NPF) per September 2018 berada di bawah 1%.

Adapun Bank BNI hingga September 2018 telah menyalurkan KUR hingga 95% dari target tahunan yang sebesar Rp 13,5 triliun. General Manager Bisnis Usaha Kecil BNI Bambang Setyatmojo mengatakan, KUR yang sudah tersalurkan mencapai sekitar
Rp 12,86 triliun.

Sambil mengejar sisa target tahunan sebesar 5% lagi, BNI sudah mengantongi izin dari Kementerian Perekonomian untuk menambah kuota KUR Rp 3 triliun.

Guna mencapai target, Bank dengan sandi saham BBNI ini telah menyiapkan strategi membidik sektor pertanian dengan pola supply chain debitur korporasi di bidang pertanian.

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) sudah rampung menyalurkan KUR dari target tahunan Rp 550 miliar.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved