Pelaku Bursa Saham Siap Terapkan Mekanisme Baru Transaksi

Perusahaan efek mulai bersiap menerapkan pelaksanaan transaksi penyelesaian (settlement) serah saham T+2.

Pelaku Bursa Saham Siap Terapkan Mekanisme Baru Transaksi
kontan
Pergerakan IHSG 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Perusahaan efek mulai bersiap menerapkan pelaksanaan transaksi penyelesaian (settlement) serah saham T+2. Pelaksanaan ini adalah revisi dari transaksi settlement T+3.

Rencana penerapan transaksi settlement T+2 akan resmi dilakukan pada 26 November 2018.

PT Minna Padi Investama Sekuritas mengaku siap melaksanakan aturan baru tersebut. "Pihak self regulatory organizations (SRO) yakni BEI, KPEI, dan KSEI sudah beberapa kali melakukan simulasi untuk persiapan tersebut dengan sekuritas selaku anggota bursa," ujar Direktur Utama Minna Padi, Djoko Julianto.

Perusahaan ini juga sudah sosialisasi ke pelanggan terkait aturan baru ini.
PT MNC Sekuritas pun berharap dengan pelaksanaan settlement serah saham T+2 ada potensi kenaikan transaksi. Sebab di saat sama adanya pengumuman indeks MSCI yang baru.

Sehingga ada potensi penumpukan transaksi saat rebalancing portofolio karena ada daftar baru indeks MSCI, makanya bursa Malaysia dan Singapura menunda percepatan settlement karena alasan ini.

"Kalau di Indonesia regulator sudah percaya diri, jadi kami selaku anggota bursa (AB) mendukung," ujar Susy Meilina Direktur MNC Sekuritas kepada Kontan, Jumat (12/10).

Direktur Utama Kresna Sekuritas, Octavianus Budiyanto mengatakan, telah dilakukan beberapa kali simulai berupa mock trading settlement untuk menyambut aturan baru ini.

Menurut dia, SRO pun sudah mengajak Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) untuk melakukan studi banding ke negara tetangga yakni Thailand yang sudah menerapkan settlement T+2.

"Ada beberapa catatan di November 2018 pada saat implementasi ini yakni kemungkinan rebalancing portofolio sehubungan dengan adanya pengumuman daftar indeks MSCI yang baru," ujar Ocky.

Adanya rebalancing portofolio tersebut kemungkinan terjadi peningkatan transaksi merespons daftar baru penghuni indeks MSCI. Selanjutnya adalah kesiapan dari SRO untuk memberikan fasilitas pinjaman meminjam efek (PME) KPEI.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved