Purba Cs Sambangi Tribun Manado: Pemred Beberkan Berita Online ke BPK

Jajaran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulut kunjungi Kantor Surat Kabar Harian Tribun Manado di Jalan A A Maramis,

Purba Cs Sambangi Tribun Manado: Pemred Beberkan Berita Online ke BPK
Tribun manado / Ryo Noor
Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Tangga Muliaman Purba dan jajaran bertandang ke Kantor Tribun Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jajaran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulut kunjungi Kantor Surat Kabar Harian Tribun Manado di Jalan A A Maramis, Kairagi, Kamis (11/10/2018).

Rombongan BPK Perwakilan Sulut yang dipimpin Kepala Perwakilan Tangga Muliaman Purba disambut Pimpinan Redaksi Tribun Manado Sigit Sugiharto dan Pemimpin Umum Risdianto Tunandi.

Purba mengatakan, kedatangan ke Tribun Manado untuk silaturahmi. "Kami silaturahmi sekaligus mengenalkan BPK, sebabnya tugas kami apa?" ujar dia.

BPK sudah ada sejak tahun 1945, namun efektif beroperasi 1947. Meski sudah lama, tapi masih saja ada salah kaprah di masyakarat soal BPK.

Di Indoensia ada BPK, dan ada juga BPKP. Dua lembaga ini berbeda. BPK yakni Badan Pemeriksan Keuangan. BPKP itu Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.

Dari namanya saja sudah berbeda. "Kalau BPK itu pemeriksa, atau audit, kalau BPKP itu pengawas, atau kontrol. Kontrol itu fungsi manajemen," sebut dia.

Ia mencontohkan, di Provinsi misalnya ada inspektorat, sempat dulu nama yang Badan Pengawas Daerah. "Itu fungsinya kontrol, bukan audit. Hasil pengawasan nanti disampaikan ke pimpinannya," sebut dia.

Sementara audit itu dari eksternal. "BPK itu melihat pertanggungjawaban penggunaan keuangan negara. Biasanya kepala daerah, pertanggungjawaban itu kepada rakyat, diwakili wakil rakyat, DPRD dan DPR," ujar Tangga.

Hasil pemeriksaan BPK itu diserahkan ke wakil rakyat. "Supaya DPR dan DPRD tahu, misalnya kabupaten ini, kita tunjukkan apa permasalahan supaya rakyat tahu," ungkap dia.

Sigit dan Rusdianto menjelaskan kepada BPK sekitar 8 tahun Tribun Manado masuk ke platform berita online, ketika itu belum dilirik. Tribun termasuk grup Kompas Gramedia yang mengelola koran daerah sekaligus online.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help