Keren, Penyandang Disabilitas Ini Jadi Fotografer Asian Para Games 2018

Selain aksi para atlet, Asian Para Games 2018 juga memberi banyak momen indah. Salah satunya fotografer penyandang tuna rungu, Christianto Harsadi

Keren, Penyandang Disabilitas Ini Jadi Fotografer Asian Para Games 2018
kompas.com

TRIBUNMANADO.CO.ID - Selain aksi para atlet, Asian Para Games 2018 juga memberi banyak momen indah dan menyenangkan. Fotografer tim field worker Divisi Media dan PR Inapgoc, Christianto Harsadi, tahu rasanya.

Anto merupakan seorang penyandang tuna rungu. Meski begitu karyanya telah melanglang buana dan dilihat banyak mata. Bakat Anto dalam bidang fotografi dimulai karena ketertarikannya pada dunia visual.

Baca: Kabar Baik, Harga Tiket Penutupan Asian Para Games 2018 Lebih Terjangkau

Ia pun sangat senang karena Asian Para Games 2018 digelar di Jakarta. Sehingga ia bergabung untuk membantu mengabadikan ajang ini sejak Februari lalu.

"Saya menyadari makna disabilitas itu adalah seseorang yang melihat hambatan penyandang disabilitas dalam keterbatasan, bukan penyandang disabilitas yang menghambat mereka,” ungkap pria yang biasa disapa Anto ini dalam rilis yang diterima media.

Quote
Quote (grafis tribun manado)

“Maksudnya fotografer difabel memotret atlet difabel itu baru setara karena sama-sama berjuang menembus batas. Saya juga mengajar fotografi teman-teman disabilitas Indonesia dalam rangka bersaing dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN,” ujarnya.

Libatkan Penyandang Disabilitas Lain

Anto sendiri diberikan kesempatan untuk mengabadikan momen di berbagai cabang olahraga Asian Para Games. Ia berpindah dari satu venue ke venue lain sejak pagi hingga petang. Sejauh ini menurutnya ada dua cabang olahraga yang paling berkesan untuk dipotret.

Baca: (VIDEO) Momen Mengharukan, Timor Leste Raih Medali Emas Pertama di Asian Para Games

“Pertama itu renang. Kemudian voli duduk pun sangat bagus. Teman-teman disabilitas lain harus bisa lebih percaya diri. Percayalah bahwa diri kalian itu keren dan kita semua bersaudara."

Christianto Harsadi
Christianto Harsadi (tribunnews)

Wakil Direktur Media dan PR INAPGOC Tina Talisa menyebutkan bahwa keterlibatan Anto dan rekan-rekannya adalah bagian dari upaya pelibatan komunitas disabilitas di berbagai peran.

"Kami memang melibatkan teman-teman disabilitas dengan berbagai latar belakang. Seperti Anto memiliki keterampilan di bidang fotografi. Ada juga disabilitas netra yang membantu transkrip dari audio menjadi teks di divisi kami," ujar Tina.

Editor: Alex Bryan Tarore
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved