Wagub Kecewa Kinerja Perangkat Daerah Sulut Dinilai Masih Minim

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw membeber minimnya kinerja satuan perangkat daerah di Jajaran Pemprov Sulut.

Wagub Kecewa Kinerja Perangkat Daerah Sulut Dinilai Masih Minim
TRIBUN MANADO/RYO NOOR
Steven Kandouw 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw membeber minimnya kinerja satuan perangkat daerah di Jajaran Pemprov Sulut.

Menurut dia dari 42 perangkat daerah masih ada belum menunjukan output dan outcome.

"Ini memalukan bagi kita semua, kita harus sadar bahwa jabatan adalah amanah, saya tahu betul kondisi daerah khusus provinsi, saya tahu dari 42 SKPD, berapa yang punya outcome dan output yang jelas," ujar Wagub ketika membuka kegiatan Penilaian Verifikasi Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Dan Reformasi Birokrasi (RB) Di Provinsi Sulut di Hotel Aston Manado, Kamis (11/10/2018).

Ia menegaskan, kepada perangkat daerah jangan hanya bekerja dengan menggunakan prinsip asal bapak senang

"Kemudian yang penting sudah ada kegiatannya jika penyusunan KUA PPAS (Kebijakan umum anggaran prioritas plafon anggaran sementara) paling kencang dia datang, padahal tujuannya tidak jelas," kata dia.

Jika dilihat dari indikator makro maka Sulut terus bergerak maju dan menuai beberapa capaian progresif antara lain ditandai dengan pertumbuhan ekonomi sejak 2015 berada di titik 6,12 persen pada 2017 naik menjadi 6,32 persen , angka ini melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5,07 persen.

Tapi, dari segi administrasi pemerintahan harus diakui masih pada posisi stagnan termasuk Sakip dan RB masih sangat perlu penguatan dilihat dari hasil capaian saat ini.

Lebih jauh Wagub mengatakan, pertumbuhan ekonomi ada 3 faktor yaitu ekspor, investasi dan belanja pemerintah.

"Kalau ekspor kita seperti pala, kopra ikan menurun sehingga jangan berharap lebih. Investasi, mudah - mudahan dengan rupiah anjlok investasi naik," ujar dia.

Persoalan belanja pemerintah jika digabung dengan kabupaten/kota berkisar 20 triliun, ini yang menjadi faktor yang krusial untuk pertumbuhan ekonomi.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help