Pasar IPO Ditopang Euforia Investor

Di tengah volatilitas pasar saham, penawaran perdana saham kepada publik alias initial public offering (IPO) terus berlanjut.

Pasar IPO Ditopang Euforia Investor
Saham 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Di tengah volatilitas pasar saham, penawaran perdana saham kepada publik alias initial public offering (IPO) terus berlanjut.

Sepanjang tahun berjalan, sudah 39 emiten yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Mayoritas membukukan kelebihan permintaan atau oversubscribed. Bahkan, harga sahamnya masih terus naik.

Pekan ini, lima saham akan dicatatkan di papan bursa. Mereka adalah Garudafood Putra Putri Jaya (GOOD), Propertindo Mulia Investama (MPRO), Superkrane Mitra Utama (SKRN), HK Metals Utama (HKMU) dan Jaya Bersama Indo (DUCK).

Bagaimana peluang pergerakan harga kelima saham itu? Sebagai gambaran, pekan lalu, dua saham pendatang baru berhasil melesat meski pasar turun tajam. Harga Cottonindo Ariesta (KPAS) dan Super Energy (SURE) masing-masing naik 69% pada perdagangan perdana, Jumat (5/10).

Kornelis Wicaksono, analis Reliance Sekuritas, berpendapat, listing di saat pasar volatil sesuatu yang riskan. Itu menunjukkan perusahaan sangat butuh pendanaan, baik untuk bayar utang atau kewajiban mandatory convertible bond (MCB).

Tapi, M. Nafan Aji, analis Binaartha Sekuritas menilai, oversubscribed pada penawaran saham IPO biasa terjadi karena valuasi perusahaan cukup murah, meski kinerja fundamental perusahaan belum sepenuhnya terlihat bagus. Belakangan ini, euforia terhadap saham-saham IPO juga meningkat.

Apalagi, pemahaman atau literasi investor terhadap saham sudah semakin bagus. "Infrastruktur di pasar modal juga sudah siap dan kondusif," kata Nafan, Minggu (7/10).

Dari sisi makro ekonomi, investor juga optimistis terhadap prospek pertumbuhan ekonomi. Hal ini diyakini akan berpengaruh pada kenaikan harga saham.

Potensi naik

Namun, masih ada tantangan bagi calon emiten saat ini, terlebih soal valuasi perusahaan. "Jika harga IPO kemahalan, bisa saja harga turun," imbuh Nafan.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved