Torang Kanal

Christin Jeinifer Pandaleke Ajak Kawula Muda Berbisnis

Pengamatan Christin Jeinifer Pandaleke mahasiswa Unsrat Manado, keberadaan lapangan pekerjaan tinggal disesuaikan dengan keinginan pekerja

Christin Jeinifer Pandaleke Ajak Kawula Muda Berbisnis
istimewa
Christin Jeinifer Pandaleke 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) punya banyak sektor lapangan pekerjaan yang menjajikan.

Dari pengamatan Christin Jeinifer Pandaleke mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, keberadaan lapangan pekerjaan tinggal disesuaikan dengan keinginan pekerja dan tentunya melihat latar belakang pendidikan, skil dan kemampuan dari si pekerja.

"Kalau sudah bekerja tentunya kita akan memperoleh penghasilan atau uang sebagai kewajiban pekerja," kata dara kelahiran Ratahan 11 Juni ini.

Pemilik moto hidup learn from your mistakes, menilai mahasiswa khususnya, dan masyarakat harus bekerja ketimbang bermalas-malasan di rumah.

Khusus untuk kaula muda yang belum punya pekerjaan dan ingin bekerja mungkin menurut Iti sapaanya, lebih pas untuk berbisnis atau membuka peluang usaha.

"Sektor ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar dari usaha tersebut," tambahnya.

Iti melihat, saat ini banyak muda-mudi yang sudah lulus dari jenjang perguruan tinggi, tapi sulit mendapatkan pekerjaan.

Faktor yang menyebabkan itu mungkin kata dia, karena tingkat persaingan yang tinggi jadi harus memaksa kita untuk memutar otak bagaimana caranya agar menjadi seorang muda yang sukses.

"Berbekal ilmu yang tengah saya dapat selama kuliah di Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Unsrat, saya melihat pekerjaan yang bisa menghasilkan uang bagi kaula muda yang mempunyai kreativitas tanpa batas yaitu dengan berbisnis. Atau mungkin ada juga yang tertarik bekerja di bidang pemerintahan kenapa tidak?" kata dia.

Mengenai keberadaan pemerintah dan sektor swasta yang harus membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya untuk kesejahtraan masyarakat, sangat baik. Karena kata itu menjadi tanggung jawab pemerintah dan swasta.

"Untuk menciptakan banyak lapangan kerja pemerintah bisa bekerja sama juga dengan pihak swasta supaya mengurangi angka pengganguran yang ada, sehingga kesejahtraan masyarakat dapat terpenuhi," tandasnya.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved