PT Pelindo IV Bitung Kirim 135 Ton Bantuan untuk Korban Bencana Palu, Sigi, Donggala

"Bantuan yang diberikan adalah bantuan yang tidak cepat rusak seperti makanan instan, popok, pembalut, air mineral."

PT Pelindo IV Bitung Kirim 135 Ton Bantuan untuk Korban Bencana Palu, Sigi, Donggala
TRIBUNMANADO.CO.ID/FRANSISKA NOEL
Kontainer berisi bantuan untuk korban bencana di Palu, Sigi, dan Donggala, diangkut satu per satu ke atas KM Labobar yang sandar di Pelabuhan Samudera Bitung, Sabtu (6/10/2018) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - PT Pelabuhan Indonesia (IV) Cabang Bitung mengirim 9 kontainer atau setara 135 ton bantuan untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Bantuan ini diangkut oleh Kapal Pelni KM Labobar dari Pelabuhan Samudera Bitung, Sabtu malam (6/10/2018).

Asisten Manager Umum sekaligus Humas dan Protokoler PT Pelindo IV Bitung, Ronny Syahrizal menyebut, bantuan yang disuplai ini merupakan sumbangan dari berbagai pihak yang antara lain pemerintah daerah di Sulawesi Utara, pihak swasta, masyarakat, hingga perseorangan.

Menurut Ronny, khusus untuk bantuan dari Pelindo digabung dengan bantuan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Bitung.

"Untuk Pelindo dan KSOP jumlahnya empat kontainer bantuan dimana satu kontainer setara dengan 15 ton," jelasnya.

 Lanjutnya, untuk bantuan dari Pemprov Sulut, ada 12 kontainer yang diangkut secara bertahap ke Palu, mengingat keterbatasan daya tampung kontainer di atas KM Labobar.

"Bantuan yang diberikan adalah bantuan yang tidak cepat rusak seperti makanan instan, popok, pembalut, air mineral, dan lain sebagainya," jelasnya.

Sementara itu, General Manager PT Pelni Cabang Bitung, Ending Wahyudi saat ditemui di atas KM Labobar memastikan, untuk angkut bantuan tahap pertama dari Pelabuhan Samudera Bitung sebanyak 9 kontainer.

"Ini karena dari Ternate dan Sorong juga sudah ada kontainer berisi bantuan untuk korban bencana di Palu. Jadi dari Bitung baru bisa kita angkut 9 kontainer," tuturnya.

Untuk angkut bantuan tahap kedua dari Pelabuhan Samudera Bitung akan dilakukan tanggal 20 Oktober 2018, menggunakan jasa KM Labobar, dengan pelabuhan tujuan Pantoloan Palu.

"Proses angkut bantuan ini semuanya tidak dipungut biasa," jelasnya.

Humas Pelindo IV Bitung Ronny Syahrizal menambahkan, untuk tahap kedua pengangkutan bantuan nanti pihaknya sudah meminta jatah 15 kontainer ke PT Pelni Bitung.

"Sementara menunggu, bantuan yang belum terangkut akan ditampung di depo penampungan PT Pelindo Bitung. Masyarakat atau instansi yang masih ingin memberikan bantuan, kami masih buka posko," terangnya. (Ika)

Penulis: Fransiska_Noel
Editor: Fransiska_Noel
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help