Serka Ismail Ajari Masyarakat Cara Pengelolaan Ikan Asin di Desa Padang

Serka Ismail Pobela senantiasa aktif melakukan pendampingan dan penyuluhan cara pengolahan ikan asin

Serka Ismail Ajari Masyarakat Cara Pengelolaan Ikan Asin di Desa Padang
Serka Ismail Jelaskan cara Pengelolaan Ikan Asin 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Babinsa Koramil 1303-15/Bintauna Serka Ismail Pobela melakukan pendampingan dan penyuluhan cara pengolahan ikan asin yang benar untuk dapat bersaing di pasaran lokal maupun antar provinsi bagi masyarakat di Desa Padang Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolmut, Minggu (7/10/2018).

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka membantu warga binaan, sekaligus melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) di Desa Padang yang merupakan desa binaan Serka Ismail Pobela.

Menurut Babinsa, masyarakat di Kecamatan Bintauna sebagian besar terdiri dari nelayan. Selain itu, masyarakatnya juga merupakan produsen ikan asin untuk wilayah lokal Kabupaten Bolmut maupun keluar daerah.

Mengasinkan ikan adalah salah satu cara mengawetkan ikan selain membekukan dan mengasapnya. Garam memang dikenal sebagai pengawet alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam daging ikan.

"Saat pembuatan ikan asin dibutuhkan waktu yang cukup lama dengan sinar matahari cukup terik untuk menjemurnya sampai kering," jelas Babinsa.

Syarief, Pengolah Ikan Asin di Desa Padang berkata dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas ikan asin dari Kecamatan Bintauna, masyarakat mengharapkan Pemerintah Daerah dapat memberi bantuan.

"Kalau bisa ada bantuan dari Pemda berupa penerapan teknologi dalam mengolah ikan asin serta modal kerja," ujarnya.

Karena penerapan teknologi pengolahan Ikan Asin yang benar sebagai salah satu bentuk industri rumahan yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di Kecamatan Bintauna.

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved