Penting Untuk Otak dan Fisiknya, Ini Alasan Kenapa Setelah ASI Anak Masih Perlu Susu

Menurut ahli, inilah alasan kenapa anak masih perlu mengonsumsi susu formula setelah ASI, karena pertumbuhan itu penting

Penting Untuk Otak dan Fisiknya, Ini Alasan Kenapa Setelah ASI Anak Masih Perlu Susu
Internet
Perlukah Anak Banyak Minum Susu? 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Angka rata-rata orang Indonesia minum susu per hari, hanya beberapa tetes saja.

Bandingkan dengan penduduk negara maju yang sudah menganggap susudan produk turunannya (dairy product) sebagai bagian dari pola makan mereka.

Asal tahu saja, dari 800 gram kalsium yang dibutuhkan, setengahnya (400 gram) disumbang oleh susu dan "teman-temannya".

"Indonesia baru menyadari pentingnya susu di tahun 50-an saat upaya penggalakan minum susu ditambahkan pada program Empat Sehat Lima Sempurna. Jadi memang kita ketinggalan sekali. Ditambah dengan kondisi ekonomi Indonesia yang jadi kendala, maka kebiasaan minum susu makin jauh tertinggal di keluarga-keluarga Indonesia," papar Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan MS., guru besar Ilmu Pangan dan Gizi, Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, IPB yang banyak menyoroti masalah susu.

Susu Kaya Gizi Penting Bagi Anak

Rajin minum susu sangat bermanfaat, karena susu mengandung zat-zat berguna. Di antaranya, protein 3,2% dan mineral kalsium 143 mg dalam setiap 100 gr susu.

Dengan zat nutrisi yang dikandungnya, kebiasaan minum susu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan, terutama mencegah osteoporosis (kerapuhan tulang) saat manula kelak.

"Dari satu gelas susu, kalsium yang masuk sebanyak 300 miligram. Kalau kebutuhan kalsium kita 800 miligram, itu sudah menyumbang hampir 30 persen kebutuhan kalsium. Jadi, membiasakan minum susu satu hari satu gelas, itu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kebutuhan kalsium." Ungkap Ali saat diwawancara Tabloid Nakita.

Susu juga kaya akan asam amino triptofan yang jika dikon-sumsi secara teratur akan mendorong tubuh meningkatkan produksi melatonin di malam hari.

Melatonin adalah hormon sekaligus antioksidan yang membuat tubuh bisa beristirahat. "Kalau punya kebiasaan sulit tidur di malam hari, minumlah susu. Enggak lama, kita pasti mengantuk dan bisa tidur nyenyak. Esoknya, kita bisa melakukan aktivitas rutin." Jelas Ali.

Halaman
123
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved