Erupsi Gunung Soputan, Ini Imbauan Bupati Paruntu

Bupati DR Christiany Eugenia Paruntu langsung memberikan imbauan bagi warga Minsel sesaat setelah erupsi Gunung Soputan di Kabupaten Mitra

Erupsi Gunung Soputan, Ini Imbauan Bupati Paruntu
Ist
Bupati DR Christiany Eugenia Paruntu l 

Laporan Wartawan Tribun Manado Andrew Alexander Pattymahu

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG- Bupati DR Christiany Eugenia Paruntu langsung memberikan imbauan bagi warga Minahasa Selatan sesaat setelah erupsi Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Bupati perempuan ini mengatakan untuk melakukan aktivitas di luar rumah, warga harus memakai masker untuk menghindari gangguan saluran pernapasan. Jika tidak ada keperluaan penting, sebaiknya berada di dalam ruangan untuk menghindari debu vulkanik.

"Saya minta warga Minsel agar tetap tenang dan berdoa supaya dijauhkan dari marabahaya. Pemerintah akan terus memantau perkembangan yang terjadi," kata dia, Rabu (3/10/2018).

Sementaranitu Pos Pemantauan Gunung Soputan mengimbaunagar warga Mitra jangan beraktivitas di dekat aliran sungai intuk mengjindari lava.

Berikut imbauan lengkapnya:

INFORMASI ERUPSI GUNUNG SOPUTAN

Saat ini G. Soputan berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi:

1) Masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak G. Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

2) Masyarakat di sekitar G. Soputan dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

3) Masyarakat agar mewaspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi yaitu dimana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng G. Soputan, seperti di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

*SUMBER DATA*
KESDM, Badan Geologi, PVMBG
Pos Pengamatan Gunungapi Soputan
https://magma.vsi.esdm.go.id/

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved