Soal Informasi bakal Ada Gempa Bermagnitudo 8,1 dan Tsunami 15 Meter di Manado, Ini Kata BMKG

Soal isu gempa berpotensi tsunami 8,1 SR di Manado, ini konfirmasi BMKG Stasiun Geofisika Manado.

Soal Informasi bakal Ada Gempa Bermagnitudo 8,1 dan Tsunami 15 Meter di Manado, Ini Kata BMKG
Instagram
Jembatan Soekarno, Manado, Sulawesi Utara. Foto Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan, diambil dari Instagram Finenuneno. 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Indri Fransiska Panigoro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pascagempa menguncang Palu dan Donggala, warga Sulawesi Utara, khususnya Manado, digemparkan isu bahwa dalam dekat ini Manado akan diguncang gempa 8,1 SR disusul tsunami setinggi 15 meter.

Terkait dengan beredarnya kabar tulisan dan gambar peta guncangan itu, BMKG Stasiun Geofisika Manado langsung menyapaikan beberapa hal penting.

"Peta guncangan (shakemap) adalah peta yang dirilis setelah kejadian gempa bumi. Kegunaannya adalah untuk dijadikan gambaran awal, sebagai acuan untuk kegiatan tanggap darurat, lokasi daerah terdampak gempa bumi dengan kerusakan terparah dan ditandai menurut perubahan gradasi warnanya. Peta ini disusun berdasarkan nilai amplitudo maksimum dari percepatan tanah yang tercatat pada peralatan pengukur percepatan tanah akselerograf," kata Kepala Seksi Data dan Informasi, Edward Henrry Mengko kepada Tribunmanado.co.id, Senin (01/10/2018).

Oleh karenanya, mengenai keterangan tulisan yang menyertai gambar beredar yang berupa screenshot dari layar telepon seluler sama sekali adalah berita palsu/atau berita bohong (hoaks).

"BMKG tidak pernah menuliskan keterangan seperti yang ditulis tersebut," tegas Edward.

Karena jarak yang jauh dan tatanan situasi tektonik yang berbeda, dijelaskannya, gempa bumi tanggal 28 September yang terjadi di Sulawesi Tengah (Palu dan Donggala) sama sekali tidak berhubungan secara langsung dengan situasi kegempaan tektonik di wilayah Manado dan sekitarnya.

"Untuk klarifikasi berita tentang gempa bumi yang terjadi di regional wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Pulau Kalimantan bagian Utara dan sekitarnya, Bapak/Ibu dapat menghubungi langsung nomor telepon call center kami," jelasnya.

Informasi hoaks terkait gempa susulan di Manado, Sulawesi Utara
Informasi hoaks terkait gempa susulan di Manado, Sulawesi Utara (IST)

Ia menambahkan, untuk masyarakat di Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, Maluku Utara dan Kalimantan Bagian Utara bisa menghubungi di 0431-836060 atau di 08114339356. Kami beroperasi 24 jam penuh dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Aktifitas gempa bumi terkini untuk seluruh wilayah Indonesia dengan kekuatan Magnitudo M>5 dapat diakses dari alamat web:http://inatews.bmkg.go.id atau gunakan aplikasi infobmkg untuk informasi realtime: Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Info_BMKG&hl=in Apple store: https://itunes.apple.com/id/app/info-bmkg/id1114372539?l=id&mt=8.

"Berikut alamat yang dapat dituju BMKG Stasiun Geofisika Manado Jl. Harapan no. 42 Winangun, Manado. Link lokasi kantor dalam Google Maps: https://goo.gl/maps/wSr8jYhPvAG2," tulisnya dalam pesan WhatsApp.

Atas nama Kepala Stasiun Geofisika Manado, Edward pun meminta masyarakat untuk menjadi pengguna Medsos yang cerdas, dan tidak mudah menyebarkan dan terakan dengan berita hoaks.

"Mari kita membantu menenangkan masyarakat dengan berhenti untuk menyebarkan berita yang tidak terkonfirmasi," pungkas dia. (Ind) 

Penulis: Indry Panigoro
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved